Breaking News:

Pilkada Serentak 2018

Komisioner KPU Karanganyar Sebut Karanganyar saat Ini Memasuki Masa Gugatan ke MK

Pengajuan gugatan, terang Maksum, dilakukan apabila ada pihak merasa keberatan pasa hasil rekapitulasi KPU.

Penulis: Efrem Limsan Siregar | Editor: Hanang Yuwono
TRIBUNSOLO.COM/EFREM SIREGAR
Dandim 0727/Karanganyar, Letkol M Ibrahim, bersama Bupati Karanganyar (putih) dan jajaran Forkompimda lainnya mengecek kondisi kotak suara sebelum mengikuti rapat pleno terbuka rekapitulasi suara Pilgub Jateng dan penetapan hasil Pilbup Karanganyar di gedung DPRD Kabupaten Karanganyar, Rabu (4/7/2018). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Efrem Siregar

TRIBUNSOLO.COM, KARANGANYAR - KPU Kabupaten Karanganyar sudah menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, serta rapat pleno terbuka rekapitulasi pengumuman dan penetapan hasil penghitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar 2018–2023, Rabu (4/7/2018).

Komisioner KPU Divisi Teknis, Muhammad Maksum, mengatakan  setelah proses rekapitulasi selesai, dalam tiga hari ke depan merupakan masa pengajuan gugatan.

"Sekarang masuk dalam masa pengajuan gugatan selama tiga hari, terhitung sejak hasil rekapitulasi diumumkan pada Rabu (4/7/2018)," kata Maksum kepada awak media, Kamis (5/7/2018).

Pengajuan gugatan, terang Maksum, dilakukan apabila ada pihak merasa keberatan pasa hasil rekapitulasi KPU.

Baca: Rekapitulasi Hasil Pilgub 2018 Tingkat Kota Solo, Ganjar-Yasin Raup Suara Sebanyak 216.107

Mereka bisa mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Namun, menurutnya, saksi dari kedua paslon masing-masing untuk Pilgub Jateng dan Pilbup Karanganyar yang hadir dalam rapat pleno terlihat tidak keberatan pada hasil rekapitulasi.

"Jika nantinya ada gugatan, maka akan berlanjut ke proses sidang. Tapi, jika tidak ada gugatan, maka MK akan mengirimkan surat ke KPU yang akan menjadi dasar dalam menetapkan Bupati-Wakil Bupati terpilih di daerah," terang Maksum.

Hasil penghitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar 2018–2023 menempatkan paslon nomor urut dua Juliyatmono-Rober Christanto unggul atas lawannya Rohadi Widodo-Ida Retno.

Baca: Banjir Pujian, Marissa Nasution Percaya Diri Tunjukkan Perut Buncit Pasca Melahirkan

Paslon Juliyatmono-Rober Christanto meraup 296.895 suara atau 56,21 persen suara.

Sementara Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih mendapatkan 231.242 suara atau 43,79 persen suara.

Rapat pleno ini turud dihadiri jajaran Forkompimda Kabupaten Karanganyar dan mendapat penjagaan ketat dari aparat Kepolisian bersenjata lengkap. (*)

Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved