Pengurusan SKCK, Polres Merauke Sumbang Rp 113 Juta ke Negara

Polres Merauke telah menerbitkan sedikitnya 3.784 lembar SKCK dalam sekitar tujuh bulan kerja tersebut

Pengurusan SKCK, Polres Merauke Sumbang Rp 113 Juta ke Negara
KOMPAS.com/istimewa
Warga saat mengurus SKCK di Polres Merauke 

TRIBUNSOLO.COM, TIMIKA - Kepolisian Resor (Polres) Merauke, Papua, menyumbang Rp 113 juta ke Negara hanya lewat pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian ( SKCK) selama periode Januari hingga akhir Juli 2018.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, Polres Merauke telah menerbitkan sedikitnya 3.784 lembar SKCK dalam sekitar tujuh bulan kerja tersebut.

"Dari hasil evaluasi, berdasarkan data Satuan Intelkam Polres Merauke, yang paling banyak pengurusan SKCK terjadi pada bulan Juni dan Juli 2018," kata Kamal, Sabtu (28/7/2018).

Perlu diketahui bahwa biaya pengurusan SKCK berdasarkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dikenai sebesar Rp 30.000 (tiga puluh ribu rupiah) yang disetorkan langsung ke kas Negara.

Saham Facebook Jeblok, Kekayaan Mark Zuckerberg Terpangkas Rp 226 Triliun

Menurut Kamal, pengurusan SKCK oleh masyarakat antara lain untuk keperluan melanjutkan kuliah, mencari kerja, melengkapi berkas calon anggota legislatif, berkas CPNS dan berbagai kelengkapan persyaratan lainnya.

Salah seorang warga yang mengurus SKCK di Polres Merauke, kata Kamal, mengakui pelayanan kepolisian saat ini sudah semakin baik.

Hanya saja, mereka masih mengeluhkan pengurusan surat yang dilakukan di ruangan yang berbeda-beda.

11 Tahun Jalin Asmara dengan Glenn Alinskie, Chelsea Olivia Ungkap Rasa Cinta Mendalamnya

"Seperti surat catatan kriminal pada satuan reskrim, dan kartu sidik jari sudah baik, namun pengurusan surat-surat tersebut masih berbeda ruangan"

"Diharapkan kedepan pengurusannya bisa satu ruangan," jelasnya. (Kompas.com/Irsul Panca Aditra)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hanya dengan Pengurusan SKCK, Polres Merauke Sumbang Rp 113 Juta ke Negara"

Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved