Prabowo Belum Serahkan Surat Tanggungan Utang ke KPU

Menurut Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Ilham Saputra, surat tanggungan utang penting dan harus dilengkapi bakal capres

Tribunnews.com/ Taufik Ismail
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dalam peringatan hari buruh di Istora Senayan, Jakarta, Selasa, (1/5/2018). 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto belum menyerahkan salah satu dokumen persyaratan pencalonan yaitu surat tanggungan utang.

Menurut Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Ilham Saputra, surat tanggungan utang penting dan harus dilengkapi bakal capres.

"Prabowo itu ternyata ada satu (dokumen persyaratan pencalonan yang belum dilengkapi), syarat tentang tanggungan utang," kata Ilham di kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu (15/8/2018).

Surat tanggungan utang tersebut, jelas Ilham, adalah keterangan yang menyatakan capres tidak sedang memiliki tanggungan utang secara perseorangan dan atau yang menjadi tanggung jawabnya yang bisa merugikan keuangan negara.

Rayakan Ulang Tahun ke-3, Rafathar Larang Raffi Ahmad Kerja

Lantaran sempitnya waktu perbaikan kelengkapan dokumen pencalonan, Ilham meminta Prabowo untuk segera menyerahkan surat tanggungan utang ke KPU.

"Saya kira sudah ada (suratnya), tinggal dilengkapi saja," ujar Ilham.

Sebelumnya, KPU telah merampungkan verifikasi berkas pencalonan bakal capres dan cawapres.

Pilih Kambing Jawa atau Etawa untuk Kurban? Simak Ulasan Pedagang Kambing Pasar Semanggi Solo

Rencananya, berita acara hasil verifikasi berkas tersebut akan diserahkan ke liaison officer (LO) masing-masing bakal pasangan calon (paslon) hari ini, Rabu.

Jika ada persyaratan dokumen yang belum dilengkapi, maka bakal capres dan cawapres akan diberikan kesempatan untuk melengkapinya selama kurun waktu 18-20 Agustus 2018. (Kompas.com/Fitria Chusna Farisa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Prabowo Belum Serahkan Surat Tanggungan Utang sebagai Dokumen Syarat Capres"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved