Kirab Malam 1 Suro

Cerita Dibalik Kirab Malam 1 Suro Keraton Kasunanan Surakarta, Wabah Pes hingga Permintaan Soeharto

Kirab malam satu Suro Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dahulu merupakan sarana Keraton Surakarta untuk menolong rakyatnya.

Cerita Dibalik Kirab Malam 1 Suro Keraton Kasunanan Surakarta, Wabah Pes hingga Permintaan Soeharto
KOMPAS.COM/ M Wismabrata
Kirab Kebo bule saat malam satu suro di Solo, Kamis (15/10/2015). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Imam Saputro

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Kirab malam satu Suro Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dahulu merupakan sarana Keraton Surakarta untuk menolong rakyatnya. 

“Di masa Paku Buwana X pernah terjadi pagebluk penyakit Pes, saat itu keraton mengeluarkan tim untuk menolong, terdiri dari pusaka keraton, tim medis, tim spiritual dan semuanya untuk berkeliling menolong rakyat pada masa itu,” kata Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat KGPH Dipokusumo, Selasa (11/9/2018).

Laku itu kemudian berlanjut meski wabah pes sudah tidak ditemui lagi.

Namun kirab hanya mengeliling bagian tembok bagian dalam keraton atau sekitar Baluwarti Solo setiap malam Jumat.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo Akan Ikut Kirab Malam 1 Sura Keraton Kasunanan Surakarta

Menurutnya, tradisi kirab yang sudah mempunyai laku dan tata cara tersendiri tersebut kemudian diperluas cakupannya pada tahun 1970an dengan maksud mendoakan keselamatan bangsa.

“Jadi tidak hanya di Baluwarti , tapi diperluas memakai jalur untuk kirab Jumenengan, jadinya rutenya seperti tahun ini,” papar Dipo.

Pernyataan tersebut didukung oleh sejarawan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Tundjung W Sutirto yang mengatakan kirab pusaka dengan menyertakan Kebo Bule hingga keluar keraton baru terjadi setelah adanya Peristiwa Malari.

“Sebelumnya hanya di lingkungan dalam tembok keraton, diseputar Baluwarti saja, namun karena ada permintaan dari Presiden Soeharto untuk ikut menjaga persatuan dan kesatuan, maka “laku ritual” itu dilakukan hingga luar keraton sampai sekarang,” ujar Tundjung.

Keadaan Indonesia pasca peristiwa tersebut dalam kondisi yang kurang baik.

Halaman
12
Penulis: Imam Saputro
Editor: Daryono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved