Gempa di Donggala

Instruksi Presiden, Mendagri Tinjau Lokasi Gempa Palu dan Donggala Pagi Ini

Bahtiar mengatakan langkah cepat ini sebagai tindaklanjut dari intruksi Presiden Jokowi untuk mengkoordinir penanganan di lokasi bencana

Instruksi Presiden, Mendagri Tinjau Lokasi Gempa Palu dan Donggala Pagi Ini
KOMPAS.com/MOH NADLIR
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo diwawancara di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Senin (30/10/2017). 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Bahtiar mengatakan, hari ini Sabtu (29/9/2018) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo didampingi Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan (Eko Subowo) akan langsung mengecek kondisi lapangan tempat terjadinya gempa bumi yang bermagnitudo 7,4 di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018).

"Sabtu (29/9/2018) diagendakan Mendagri dengan didampingi Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan langsung berangkat dan dijadwalkan tiba siang waktu setempat,” kata Bahtiar melalui keterangan tertulis, Jumat (28/9/2018).

Bahtiar mengatakan langkah cepat ini sebagai tindaklanjut dari intruksi Presiden Jokowi untuk mengkoordinir penanganan di lokasi bencana.

“Tentunya berkaitan dengan penanganan darurat"

"Baik pencarian korban, evaluasi dan menyiapkan kebutuhan-kebutuhan dasar yang diperlukan,” kata Bahtiar.

Tengok Kondisi Maestro Wayang Geber Solo, Ganjar Pranowo Ingin Renovasi Rumah dan Tambah Galeri Seni

Rapat darurat sebelumnya diadakan di Kemenkopolhukam dan dihadiri Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, perwakilan Kemenkominfo, Kementerian Perhubungan, TNI, Polri, BNPB dan BMKG.

Dalam rapat tersebut, kata Bahtiar, membahas dan memetakan kondisi lapangan dengan membuka jalur komunikasi.

Selain itu, dalam rapat tersebut juga membahas penanganan bencana dengan menggerakkan seluruh aparat termasuk TNI/Polri serta menyalurkan bantuan melalui darat, laut, dan udara.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto menuturkan bahwa pemerintah telah menyiapkan langkah-langkah penanganan bencana gempa bermagnitudo 7,4 di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018).

Manusia Purba hingga Arena e-Sport Akan Isi Bengawan Solo Park

Menurut Wiranto, pemerintah mengerahkan personel TNI, Polri dan relawan untuk membantu proses evakuasi.

"Pertama, pasukan, tenaga manusia, personel untuk membantu evakuasi, membantu pembersihan puing-puing yang barangkali masih ada korban," ujar Wiranto saat menggelar konferensi pers seusai rapat koordinasi di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Sabtu (29/9/2018) dini hari. (Kompas.com/Reza Jurnaliston)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pagi Ini, Mendagri Tinjau Lokasi Gempa Palu dan Donggala"

Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved