Gempa dan Tsunami di Palu dan Donggala

Pengakuan Jokowi saat Tangani Gempa dan Tsunami di Sulteng

Presiden RI Joko Widodo memang kini tengah disibukkan agenda kunjungan ke daerah bencana gempa dan tsunami di provinsi Sulawesi Tengah.

Pengakuan Jokowi saat Tangani Gempa dan Tsunami di Sulteng
TRIBUNNEWS.COM/CAHYO/SETPRES
Presiden Joko Widodo atau Jokowi. 

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Presiden RI Joko Widodo memang kini tengah disibukkan agenda kunjungan ke daerah bencana gempa dan tsunami di provinsi Sulawesi Tengah, tepatnya di Palu dan Donggala.

Ia pun menyampaikan pengalamannya itu dalam program '30 Menit Bersama Presiden' yang ditayangkan salah satu televisi swasta pada Minggu (7/10/2018) malam.

Di Istana Bogor, Jawa Barat, ia memaparkan bahwa dirinya sudah dua kali mengunjungi Palu dan Donggala untuk mengetahui keadaan warga dan seberapa parah bencana yang terjadi di wilayah itu.

Jokowi juga mengaku sebelumnya, kunjungan yang sama juga ia lakukan ke provinsi lainnya, yakni Lombok yang dilanda gempa sebelum bencana di Sulawesi Tengah.

8 Fakta Gelar Bangsawan Jokowi dari Kesultanan Deli: Tepung Tawar hingga Berkerabat dengan Sultan

"Jadi saya sudah dua kali ke Sulawesi Tengah, ke Palu juga Donggala, saat gempa di Nusa Tenggara Barat juga sama, saya sudah 3 kali ke Lombok," ujar Jokowi, dalam program tersebut.

Ia kemudian menjelaskan alasan mengapa dirinya terjun langsung ke lapangan.

Hal itu karena ia ingin mengetahui terkait keadaan, kebutuhan, maupun penanganan yang kini tengah dilakukan pemerintah dibantu relawan dan negara sahabat.

"Kenapa saya terjun langsung ke lapangan? Saya ingin tahu secara detail apa yang ada di lapangan, kemudian keadaannya seperti apa, kondisinya seperti apa, situasi yang ada di lapangan seperti apa," jelas Jokowi.

Menurut ayah dari Vlogger sekaligus Youtuber Kaesang Pangarep itu, terjun langsung ke lapangan merupakan salah satu cara terbaik bagi dirinya untuk menentukan langkah dan kebijakan apa yang paling tepat untuk bisa menangani bencana tersebut.

"Sehingga bisa memutuskan membuat kebijakan yang cepat dan juga yang paling penting (kebijakannya) bisa tepat sasaran," tegas Jokowi.

Jokowi Mendapat Gelar Tertinggi dari Kesultanan Deli, Inilah Nama Gelarnya

Halaman
12
Editor: Fachri Sakti Nugroho
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved