Pesawat Lion Air Jatuh

201 Personel Basarnas, Termasuk 41 Penyelam, Hari Ini Dikerahkan untuk Cari Korban Lion Air

Pencarian korban Lion Air oleh Basarnas akan dilakukan di sepanjang pantai Tanjung Pakis, Karawang, Jabar, dengan area pencarian sejauh 25 kilometer.

DOKUMENTASI LION AIR
Sebagian personel Badan SAR Nasional (Basarnas) yang hendak mencari korban pesawat Lion Air PK-LQP rute penerbangan JT 610, Sabtu (10/10/2018). 

KOMPAS.COM, JAKARTA - Sebanyak 201 orang personel Badan SAR Nasional (Basarnas) dikerahkan pada hari ke-13 pencarian korban pesawat Lion Air PK-LQP rute penerbangan JT 610, Sabtu (10/10/2018).

Informasi yang didapat Kompas.com, 201 personel itu termasuk 41 penyelam Basarnas Special Group yang akan mencari korban di bawah permukaan laut.

Penyelaman akan dilakukan area seluas 900 meter persegi.

Pencarian juga akan dilakukan di sepanjang pantai Tanjung Pakis, Karawang, Jabar, dengan area pencarian sejauh 25 kilometer.

KNKT Terjunkan Alat Canggih untuk Cari Kotak Hitam CVR Lion Air JT 610

Diberitakan TribunSolo.com sebelumnya, pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang jatuh di Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018) pagi.

Pesawat itu mengangkut 181 penumpang dan 8 awak.

Semua penumpang dan awak diduga tewas dalam kecelakaan itu.

Istri Korban Lion Air JT 610 Asal Tapanuli Ini Datangi Posko Basarnas untuk Cari Barang Suaminya

Kerahkan 12 Kapal

Hari Sabtu ini sebanyak 12 unit kapal juga dikerahkan dalam pencarian hari ini.

Kapal-kapal itu terdiri atas 3 KN SAR, 4 rigid inflatable boat milik Basarnas, dan 4 landing craft rubber milik Basarnas.

Kapal Baruna Jaya I milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi juga tetap dikerahkan guna mencari black box berisi cockpit voice recorder yang belum ditemukan.

Pihak Lion Air Sebut Pesawatnya Tabrak Tiang Lampu Koordinat Bandara Bengkulu Gara-gara Petugas AMC

Sementara itu, 5 personel Disaster Victim Identification Polda Metro Jaya tetap siaga di Dermaga JICT untuk memeriksa bagian tubuh korban yang datang dari perairan Karawang.

Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas, Mayjen Nugroho Budi Wiryanto, sebelumnya menyatakan strategi pencarian hari ini tidak berbeda dari hari-hari sebelumnya.

"Jadi kita kegiatan sama, hari ini dengan besok sama kita masih di radius 20 km itu, kemudian kita juga membantu KNKT apabila dia membutuhkan kita untuk menyelam," kata Nugroho, Jumat (9/11/2018).

Sehari Sebelum Kecelakaan, Ubaidillah Korban Tragedi Lion Air Ajak Anaknya Mudik ke Karanganyar

Sementara itu Basarnas juga akan melakukan analisis dan evaluasi untuk memutuskan kelanjutan proses pencarian.

Diketahui, hari ini dijadwalkan menjadi hari terakhir pencarian setelah diperpanjang tiga hari pada Rabu (7/11/2018) lalu. (Kompas.com/Ardito Ramadhan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Hari ke-13, 201 Personel Basarnas Dikerahkan untuk Korban Lion Air

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved