Breaking News:

6 ASN dan 3 Sipil di Tasikmalaya Jadi Tersangka Dugaan Korupsi Dana Hibah Bansos

Dalam kegiatan belanja dana hibah organisasi kemasyarakatan ini ada hibah untuk 21 yayasan/lembaga keagamaan yang diduga diselewengkan

KOMPAS.com/AGIEPERMADI
Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto bersama Direskrimsus Polda Jabar, Kombes Samudi tengah memperlihatkan barang bukti sejumlah uang miliaran rupiah beserta dokumen lainnnya yang diduga hasil dari kejahatan korupsi hibah bansos Tasikmalaya. 

TRIBUNSOLO.COM, BANDUNG - Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jabar telah menetapkan 9 tersangka dalam dugaan tindakan korupsi dalam program dana hibah bantuan sosial ( bansos) APBD Kabupaten Tasikmalaya tahun anggaran 2017.

Adapun kesembilan tersangka ini terdiri dari enam orang aparatur sipil negara (ASN).

Sedang tiga tersangka lainnya yakni seorang wiraswasta diketahui berinisial LSM, M, dan seorang petani berinisial S.

Keenam ASN tersebut yakni Sekda Kabupaten Tasikmalaya berinisial AK, Kabag Kesra Setda Kabupaten Tasikmalaya MJ, Sekretaris DPKAD Kabupaten Tasikmalaya berinisial AR, Irban Inspektorat Kabupaten Tasikmalaya berinisial E, Staf Bag Kesra Setda Kabupaten Tasikmalaya berinisial AR, dan Staf Bag Kesra Setda Kabupaten Tasikmalaya berinisial EA.

"Jumlah tersangka yang ASN sebanyak 6 orang dengan hierarki kepangkatan yang berbeda stratanya yang paling tinggi saudara AK sebagai Sekretaris Kabupaten Tasikmalaya dan 5 orang lainnya ASN, ada Kabag dan lainnya"

Suara Tembakan di Barat Fave Hotel Solo Baru Kejutkan Sejumlah Warga, 3 Orang Diamankan Polisi

"Kemudian kita lakukan penangkapan terhadap 3 orang, ini statusnya adalah wiraswasta," jelas Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Jawa barat, Jumat (16/11/2018).

AK bersama delapan tersangka lainnya dianggap telah merugikan negara sejumlah Rp 3,9 miliar.

"Ya dari kerugian negara total uang bansos itu Rp 3,9 miliar, kalau diserahkannya hanya 10 persen maka itu yang diserahkan sisanya dibagi-bagi," katanya.

Dijelaskan, bahwa pada tahun anggaran 2017 Kabupaten Tasikmlaya menganggarkan hibah dengan nama kegiatan belanja dana hibah organisasi kemasyarakatan yang bersumber dari APBD Kabupaten Tasikmalaya tahun 2017 untuk instansi, organisasi kemasyarakatan, dan lembaga keagamaan se-Kabupaten Tasikmalaya.

LP2M UNNES Semarang Kenalkan Teknologi Pakan Terkini kepada Peternak Sapi di Sukoharjo

Dalam kegiatan belanja dana hibah organisasi kemasyarakatan ini ada hibah untuk 21 yayasan/lembaga keagamaan yang diduga diselewengkan atau disalahgunakan ke sembilan tersangka ini.

Halaman
12
Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved