Wilayahnya Dilanda Puting Beliung, Lurah Bejen Karanganyar Imbau Warga Perhatikan Pohon di Rumah

Untuk pohon yang berada di pinggir jalan, ia mengatakan tidak bisa menebangnya secara sembarangan karena wewenang tersebut ada pada Dinas Perhubungan

TRIBUNSOLO.COM/EFREM SIREGAR
Petugas BPBD Karanganyar tengah mengevakuasi batang pohon yang jatuh akibat tiupan angin di Jl Mataram, Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (19/11/2018) sore. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Efrem Siregar

TRIBUNSOLO.COM, KARANGANYAR - Lurah Bejen, Ali Qodri, mengimbau warga Kelurahan Bejen, Karangabyar, Jawa Tengah, memperhatikan kondisi pohon di sekitar rumah mereka saat memasuki musim hujan sekarang, Senin (19/11/2018).

Ia mengatakan, batang dan cabang pohon yang dianggap berpotensi roboh segera ditebang agar saat terjadi angin puting beliung, material pohon tidak sampai mengenai rumah atau badan jalan.

“Kelurahan Bejen memang berpotensi dilanda angin puting beliung, setiap tahun selalu ada kasus angin puting beliung saat musim hujan. Bukan banjir.”

“Sebagai antisipasi, saya mengimbau warga untuk memotong cabang pohon sehingga saat terjadi tiupan angin, pohon tidak sampai jatuh mengenai rumah atau jalan,” kata Ali Qodri saat ditemui TribunSolo.com di ruangan kerjanya, Senin (19/11/2018).

Puncak Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Keraton Kasunanan Solo Akan Gelar Kirab Gunungan

Untuk pohon yang berada di pinggir jalan, ia mengatakan tidak bisa menebangnya secara sembarangan karena wewenang tersebut ada pada Dinas Perhubungan.

Kejadian angin puting beliung sempat terjadi pada Minggu (18/11/2018) sore sekitar pukul 17.00 WIB.

Menurut Ali Qodri, kejadian kemarin ini merupakan bencana angin puting beliung terparah sejak empat tahun ia menjabat sebagai Lurah Bejen.

Setidaknya, saat kejadian kemarin, 10 pohon pelbagai jenis diketahui tumbang.

Fernando Alonso Tutup Kariernya di F1 Akhir Pekan Ini

Empat bangunan dilaporkan roboh dampak tiupan angin puting beliung.

Kabel listrik dan telepon juga sempat jatuh ke badan Jl Lingkar Luar Bejen setelah tertimpa pohon yang roboh ditiup angin yang membuat jalan tersebut ditutup sementara untuk mencegah jatuhnya korban dari pengendara yang melintas. (*)

Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved