Breaking News:

Isu Persija Juara Liga Settingan, Bambang Pamungkas Minta PSSI Lakukan Pengusutan

Penyerang senior Persija Jakarta Bambang Pamungkas menilai PSSI harus mau mengusut isu pengaturan hasil atau "settingan" pada Liga 1 2018.

SUPER BALL/Feri Setiawan
Striker Persija Jakarta Bambang Pamungkas alias Bepe. 

TRIBUNSOLO.COM - Penyerang senior Persija Jakarta Bambang Pamungkas menilai PSSI harus mau mengusut isu pengaturan hasil atau "settingan" pada Liga 1 2018.

Menurutnya, PSSI harus bertindak seperti FIGC (Federasi Sepak Bola Italia) saat terjadi kasus calciopoli pada 2006.

Hal itu disampaikan Bepe, sapaan Bambang, melalui tulisan berjudul “Persija Juara, Sudah Diatur?” yang diunggah di situs pribadinya, bambangpamungkas20.com, Selasa (11/12/2018).

"Tahun 2006, federasi sepak bola Italia pernah melakukannya saat merespon kasus calciopoli dengan mendegradasi Juventus yang kita tahu menjadi pemegang gelar terbanyak Liga Italia," tulis Bepe.

Asus ROG Phone Dibanderol Rp 12,9 Juta di Indonesia, Ini Spesifikasinya

"Jika Italia yang notabene pemegang empat gelar Piala Dunia saja berani, masak Indonesia yang sepak bolanya “ecek-ecek”, dan hanya "kakean cangkem" ini tidak berani?" lanjutnya.

Menurut Bepe, benar atau tidaknya isu liga settingan harus melalui proses pembuktian, bukan hanya hanya berdasarkan asumsi atau opini, apa lagi berdasarkan “katanya”.

Sebab, hal tersebut bisa mengarah ke hal subyektif dan tendensius.

Kunjungi Korea Utara, Tri Rismaharini Puji Fasilitas Pendidikan dan Kesehatan yang Memadai

Untuk itu, ia menyarankan pihak terkait memanggil semua orang yang pernah bersuara dan disebut namanya untuk melakukan testimoni secara resmi.

Hal terpenting, kata Bepe, pihak yang bersaksi harus dilindungi.

Tujuannya adalah menjaga keselamatan orang itu jika memang kasus berhubungan dengan mafia kelas kakap.

"Buka hasil penyelidikannya kepada publik"

"Yang paling penting adalah hukum seberat-beratnya oknum yang terlibat (siapa pun itu), dan turunkan kasta klub yang terbukti pernah melakukan pengaturan (klub mana pun itu). Buktikan jika kita benar-benar serius," ucap Bepe. (Kompas.com/Alsadad Rudi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bepe Sebut Isu Liga Settingan Harus Diusut Seperti Calciopoli Italia"

Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved