Kondisi Sitaro dan Manado Tetap Aman dan Kondusif Pasca-Gempa Magnitudo 7,1

Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) dan Kota Manado masih aman dan kondusif pasca-gempa di Kepulauan Talaud bermagnitudo 7,1.

Kondisi Sitaro dan Manado Tetap Aman dan Kondusif Pasca-Gempa Magnitudo 7,1
PT Jasamarga Manado Bitung
Jalan Tol Manado-Bitung 

TRIBUNSOLO.COM, MANADO - Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) dan Kota Manado masih aman dan kondusif pasca-gempa di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara dengan magnitudo 7,1.

"Iya, jadi di Sitaro hanya dapat rasakan di daerah Ulu, Kecamatan Siau Timur. Itupun lemah."

"Yang jelas, situasi dan kondisi di Sitaro tetap aman dan kondusif," ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sitaro Bob Wuaten, dilkutip TribunSolo.com dari Kompas.com, Sabtu (29/12/2018) sore.

Ia mengimbau, masyarakat tetap tenang dan jangan terpancing.

BMKG Tak Terbitkan Peringatan Dini Tsunami di Manado

"Tetap mengikuti petunjuk pemerintah daerah," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Manado Vicky Lumentut melalui Kepala BPBD Manado Maxmilian Tatahede mengimbau masyarakat tetap tenang, namun waspada.

"Karena bencana gempa bumi tidak dapat diprediksi, jadi harus tetap waspada. Untuk wilayah pesisir, karena sekarang kecepatan angin dan gelombang tinggi, jadi masyarakat terutama nelayan agar supaya tidak melaut," katanya.

"Masyarakat yang ingin ke pantai kalau bisa jangan dulu. Karena beberapa hari kedepan gelombang masih cukup tinggi," tandasnya.

Nias Barat Diguncang Gempa Magnitudo 5,2 SR, Tidak Berpotensi Tsunami

Seperti diketahui, Sitaro dan Manado merupakan dua di antara beberapa wilayah yang merasakan gempa.

Sitaro intensitas III MMI, sedangkan Manado intensitas II MMI.

Pantauan Kompas.com, pasca-gempa aktivitas di Kota Manado tetap berjalan normal. Kondisi air laut terpantau normal, Sabtu sore. (Kontributor Kompas.com Manado/Skivo Marcelino Mandey)

Artikel ini telah dipublikasikan Kompas.com dengan judul: Kondisi Pasca-Gempa, Sitaro dan Manado Tetap Aman dan Kondusif 

Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved