22 Korban Longsor Sukabumi Sudah Ditemukan, 11 Lainnya Masih Hilang

Empat korban bencana tanah longsor di Kecamatan Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat kembali ditemukan tim gabungan, Jumat (4/1/2019)

22 Korban Longsor Sukabumi Sudah Ditemukan, 11 Lainnya Masih Hilang
KOMPAS.com/BUDIYANTO
Suasana pencarian korban tanah longsor di Dusun Cimapag, Kecamatan Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (2/1/2019). 

TRIBUNSOLO, SUKABUMI - Empat korban bencana tanah longsor di Kecamatan Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat kembali ditemukan tim gabungan, Jumat (4/1/2019).

Hingga hari ini, jumlah korban yang telah ditemukan sebanyak 22 jenazah, sejak bencana menerjang Kampung Garehong, Dusun Cimapag, Desa Sirnaresmi, Senin (31/12/2018) sekitar pukul 18.00 WIB.

Dengan ditemukannya 22 jenazah, tim pencarian korban gabungan dari berbagai lembaga potensi Search and Rescue (SAR) dan para sukarelawan masih akan mencari sebanyak 11 korban.

"Hingga pukul 19.00 berhasil mengevakuasi empat korban," ungkap Komandan Korem 061/Suryakancana, Kolonel (Inf) Muhamad Hasan dalam konferensi pers di Posko Terpadu Tanggap Darurat Bencana, Dusun Cimapag, Jumat malam.

Mendikbud Setuju SKTM untuk Daftar ke SMA/SMK Dihapus, dan Tawarkan Solusi Ini

Dia menuturkan, pencarian korban dan evakuasi pada Jumat (4/1/2018) didukung dengan cuaca cerah sejak pagi hingga malam.

Meskipun di antara keempat korban mayoritas berhasil ditemukan dan dievakuasi di antara pukul 17.00 hingga 19.00 WIB.

"Kami memaksimalkan upaya pencarian hingga evakuasi selesai pada pukul 19.00 dengan bantuan lampu penerangan," ujar dia.

Menurut dia, para korban yang ditemukan hari ini berada di dalam timbunan dengan kedalaman bervariasi antara 5 hingga 10 meter.

Gading Marten Ucapkan Selamat Ulang Tahun untuk Julie Estelle, Unggahannya di Instagram Jadi Sorotan

Sehingga, menyebabkan kesulitan dalam penggalian tanah dan evakuasi.

"Para korban ini terimpit dan tertimbun tiga lapisan, pertama oleh bangunan rumahnya sendiri, kedua tanah, dan ketiga batu," ucapnya.

"Prosesnya dari penemuan, hingga penggalian dan pengangkatan membutuhkan waktiu sekitar satu hingga dua jam," sambung dia. (Kompas.com/Budiyanto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sebanyak 22 Korban Longsor Sukabumi Sudah Ditemukan, 11 Masih Hilang"

Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved