Breaking News:

Muncul Larangan Memfasilitasi Imlek, Menteri Agama: Saya Mengajak Semua Kita untuk Saling Menghargai

"Saya mengajak semua kita untuk saling menghargai, menghormati tradisi yang sudah cukup lama ada dan hidup ditengah-tengah kita," kata Lukman.

Editor: Fachri Sakti Nugroho
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (12/3). Pemerintah dan DPR menetapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2018 sebesar Rp35,23 juta per jemaah atau naik 0,9 persen dari tahun sebelum. 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin angkat bicara terkait adanya surat dari Forum Muslim Bogor yang menyerukan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota Bogor untuk tidak memfasilltasi perayaan Imlek dan Cap Go Meh di wilayah Bogor pada 5 Februari mendatang.

Lukman mengimbau kepada masyarakat untuk saling menghargai umat beragama satu sama lain dengan menghormati tradisi mereka yang sudah ada sejak lama.

"Saya mengajak semua kita untuk saling menghargai, menghormati tradisi yang sudah cukup lama ada dan hidup ditengah-tengah kita," kata Lukman di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta Pusat, Senin (28/1/2019).

Sambut Imlek 2019 di Solo, Ikuti Lomba Vlog Grebeg Sudiro, Total Hadiah Jutaan Rupiah

Dia menjelaskan, perayaan Cap Go Meh dan Imlek adalah sebuah tradisi yang diyakini secara berbeda-beda oleh masyarakat di Indonesia.

Beberapa yakin perayaan itu bagian dari budaya.

Sedangkan yang lainnya menganggap sebagai ritual keagamaan.

Meski ada perbedaan tersebut, dia mengajak kepada masyarakat untuk tetap saling menghormati.

Imlek di Solo, Grebeg Sudiro Jadi Ajang Pembauran Etnis dan Budaya di Kelurahan Sudiroprajan

Terlebih, setiap agama juga mengajarkan kepada umat pemeluknya untuk saling menghormati keyakinan yang dianut orang lain.

"Sebenarnya bentuk penghargaan dan penghormatan seperti itu bukanlah pembenaran, tapi justru pengamalan ajaran-ajaran agama kita, karena kita dituntut untuk menghormati dan menghargai kepercayaan orang lain yang berbeda dengan kita," katanya. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Respons Menteri Agama Sikapi Munculnya Seruan Jangan Fasilitasi Perayaan Imlek
Penulis: Danang Triatmojo

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved