Breaking News:

Peresmian PT BTN Kantor Kas Syariah Universitas Muhammadiyah Surakarta: Fintech Bukanlah Hambatan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Surakarta menyebut adanya pemanfaatan teknologi digital (Fintech) pada industri keuangan bukanlah suatu halangan.

TribunSolo.com/Garudea Prabawati
Rektor UMS Sofyan Anif pimpin langsung BTN Kantor Kas Syariah UMS, Senin (28/1/2019).  

Laporan Wartawan Tribunsolo.com, Garudea Prabawati

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Surakarta menyebut adanya pemanfaatan teknologi digital (Fintech) pada industri keuangan bukanlah suatu halangan.

Soni Prima Nugroho selaku Kepala Subbagian Pengawasan Bank OJK Solo berujar fintech juga malah dapat menjadi tantangan tersendiri bagi industri keuangan di Indonesia.

"Karena saat ini eranya sudah digital, maka fintech ini akan makin masif," katanya saat hadir di acara peresmian PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Kas Syariah di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Senin (28/1/2019).

OJK Surakarta : Kinerja BPR Soloraya Tumbuh Positif

Pihaknya menyebut setidaknya industri keuangan syariah pun dapat berkembang dalam jangkauan jaringan yang lebih luas, dengan fintech ini.

Karena memang penggunaan inovasi digital seperti financial technology (fintech) memberikan peluang bagi industri keuangan syariah untuk tumbuh lebih optimal.

Sementara terkait perkembangan industri keuangan syariah juga saat ini semakin berkembang, walaupun keuangan konvensional masih yang menjadi primadona.

Maka dari itu dengan adanya keberadaan BTN Kantor Kas Syariah UMS ini harapannya mampu mensosialisasikan lebih aspek-aspek keuangan syariah bagi masyarakat.

Pihaknya menyebut sebagian masyarakat menginginkan suatu sistem keuangan syariah yang sesuai dengan kaidah syariah yang diyakini.

"Dan melalui BTN Kantor Kas Syariah UMS ini setidaknya mampu mensosialisasikan sistem keuangan syariah yang mendatangkan manfaat yang prima, kompetitif, dan dapat memberikan pelayanan yang memberikan efisiensi yang manfaat ekonomi yang tinggi," imbuhnya.

OJK Solo: TPAKD Berperan Penting Meningkatkan Inklusi Keuangan Nasional

Dan juga dapat ikut serta mengembangkan usaha kecil dan menengah dan memberikan kontribusi yang positif bagi perkonomian di Indonesia.

Setidaknya ke depan konsep keuangan syariah dapat berkembang bahkan melampaui keuangan konvensional.

"Kami tumbuhkan ilmu atau konsep keuangan syariah, konsep bagi hasil, konsep margin kepada masyarakat dan bebas dari riba, itu yang kami unggulkan," tutupnya. (*)

Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved