Breaking News:

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Bantah Tarif Tol RI Termahal se-ASEAN

Basuki menjelaskan, berdasarkan tarif tol RI justru bisa lebih murah bila dibandingkan dengan harga di negara lain pada tahun investasi yang sama.

Tribunnews.com
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menanggapi pernyataan Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Suhendra Ratu Prawiranegara yang menyebut tarif tol di Indonesia termahal di Asia Tenggara.

Menurutnya, perbandingan tarif tol RI dengan negara lainnya harus berdasarkan tahun yang sama jalan tol dibangun.

Basuki menjelaskan, berdasarkan data dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), tarif tol RI justru bisa lebih murah bila dibandingkan dengan harga di negara lain pada tahun investasi yang sama.

YLKI Anggap Tol Trans-Jawa Sepi Akibat Tarif Terlalu Mahal

"Tarif tol di Indonesia dibilang paling mahal sebenarnya itu enggak."

"BUJT ada datanya, itu enggak betul karena kalau dibandingkan misalnya yang tarif tol Malaysia dibangun tahun berapa misal Rp 200/km, Jagorawi Rp 100."

"Karena kalau dibandingkan dengan tahun investasi yang sama, kita lebih murah," kata Basuki saat ditemui di kantornya, Selasa (12/2/2019).

"Kalau dibandingkan dengan tol Batang-Semarang yang Rp 1.500/km ya lebih mahal jadi tergantung melihatnya, tergantung kepentingan pemanfaatan data," sambungnya.

Asosiasi Pengusaha Logistik Keluhkan Tarif Berlipat-lipat Tol Trans Jawa dan Kargo Pesawat

Meski begitu, Basuki mengakui telah mendengar keluhan masyarakat terkait mahalnya tarif tol khususnya Trans Jawa.

Hari ini, pihaknya meminta BPTJ dan Asosiasi Tol Indonesia (ATI) membuat tim kecil untuk membahas wacana penurunan tarif tol.

Kebijakan akan dibuat dengan mempertimbangkan faktor sosial-ekonomi masyarakat atau pedagang di sekitar ruas tol, perilaku pengemudi angkutan logistik hingga jumlah moda transportasi darat.

Jokowi Ajak Masyarakat Pakai Tol Trans Jawa untuk Rute Liburan Akhir Tahun 2018

Halaman
12
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved