Sea Games 2019 Bakal Digelar di Filipina, Panitia Masih Terkendala Anggaran

Panitia penyelenggara SEA Games 2019 menghadapi masalah baru terkait finansial penyelenggaraan turnamen yang diajukan kepada Pemerintah Filipina.

Sea Games 2019 Bakal Digelar di Filipina, Panitia Masih Terkendala Anggaran
Sea Games
Logo Sea Games 2019. 

TRIBUNSOLO.COM - Panitia penyelenggara Southeast Asian Games (SEA Games) 2019 menghadapi masalah baru terkait finansial penyelenggaraan turnamen yang diajukan kepada Pemerintah Filipina.

Dikutip TribunSolo.com dari BolaSport.com, ajang pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara akan dilaksanakan pada 30 November hingga 11 Desember 2019 di Manila dan Cayetno, Filipina.

Akan tetapi, penyelenggaraan SEA Games edisi ke-30 tersebut agaknya masih memiliki kendala.

Masalah terbaru yang mencuat ialah tentang anggaran keuangan yang diperlukan dalam penyelenggaraan ajang tersebut.

Dikutip dari Rappler Philippine, anggaran yang diajukan panitia SEA Games 2019 kepada Senat pemerintah Filipina hanya disetujui sekitar 65 persen saja dari yang diajukan.

Panitia SEA Games 2019 yang berasal dari Komisi Olahraga Filipina (PSC), awalnya mengajukan dana kepada Pemerintah Filipina sebesar 7,5 miliar peso Filipina atau setara dengan 2 triliun rupiah.

Namun ternyata, Pemerintah Filipina hanya menyetujui pemberian dana sebesar 1,3 triliun rupiah saja.

PSSI Pasang Target Timnas U-22 Indonesia Raih Emas SEA Games 2019

Dengan kenyataan tersebut, memaksa panitia SEA Games 2019 untuk mencari lebih banyak lagi sponsor dari sektor premi/hadiah demi mengamankan estimasi anggaran.

"(Kami akan) tetap fokus, tenang dan hati-hati, namun tetap ingin berhasil," tutur Ketua Komisi Olahraga Filipina, Butch Ramirez, yang bertugas menangani pendanaan SEA Games kali ini, dikutip dari Rappler.

Ketua Komite Olimpiade Filipina (POC), Ricky Vargas, juga mengungkapkan bahwa ia berharap Senat Pemerintah Filipina akan menyetejui pengajuan anggaran penuh.

Sebab, menurutnya lembaga eksekutif pemerintah Filipina telah menginstruksikan agar lembaga pemerintah membantu persiapan SEA Games.

Kendati menghadapi masalah anggaran, panitia SEA Games 2019 menyatakan bahwa perencanaan jadwal masih akan tetap sama dari susunan acara yang telah ditentukan oleh panitia.

Pada edisi tahun ini, ajang yang akan diikuti oleh 11 negara Asia Tenggara itu akan mempertandingkan 56 cabang olahraga yang tersebar di 39 venue di beberapa wilayah Filipina yakni, Subic, New Clark City, Tagaytay, dan Metro Manila. (BolaSport.com/Nestri Yuniardi)

Artikel ini telah tayang di BolaSport.com dengan judul "Panitia SEA Games 2019 Masih Terkendala Masalah Dana Penyelenggaraan"

Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved