Analisa Jabatan Dinilai Jadi Solusi untuk Tekan Angka Pengangguran di Kalangan Lulusan SMK

Analisa Jabatan (Anjab) untuk siswa-siswi SMK dinilai menjadi satu solusi untuk menekan angka pengangguran di kalangan lulusan SMK.

Analisa Jabatan Dinilai Jadi Solusi untuk Tekan Angka Pengangguran di Kalangan Lulusan SMK
Dokumentasi UMS
Ilustrasi JOB FAIR UMS VI 2019 dengan tema “One Step For The Better Future” yang akan diselenggarakan pada Rabu dan Kamis, 6 – 7 Maret 2019. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Analisa Jabatan (Anjab) untuk siswa-siswi SMK dinilai menjadi satu solusi untuk menekan angka pengangguran di kalangan lulusan SMK

Hal tersebut disampaikan Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jateng, Ahmad Aziz, seusai mengisi sosialisasi oleh Disnaker Provinsi Jateng di Nguter, Sukoharjo, Rabu (27/2/2019).

Anjab dinilai mampu untuk mengidentifikasi masing-masing individu dari lulusan SMK untuk menentukan arahnya akan bekerja secara mandiri atau formal.

Dengan Anjab pula, bisa dilihat karakter anak bisa diajak bekerja sama atau invidual. 

"Anjab itu nanti kelihatan arahnya ke mana, jika anak cenderung Individual dan tidak bisa bekerja sama berarti arahnya ke usaha mandiri, begitu juga sebaliknya," kata Ahmad Aziz.

Tren Pengangguran Bergeser, Disnaker Jawa Tengah Sebut Pengangguran Didominasi Lulusan SMK

Namun Anjab masih memiliki kendala seperti ketersediaan tenaga ahli (Psikolog) di tiap kabupaten kota yang belum merata.

"Anjab ini memerlukan tenaga psikolog karena yang bisa menilai adalah mereka," jelasnya.

"Kabupaten/kota yang belum memiliki psikolog biasanya minta bantuan kepada kami, prinsipnya Kabupaten/kota sudah melakukan," katanya.

Diberitakan sebelumnya oleh TribunSolo.com, dari data Disnaker Provinsi Jateng, tercatat ada 800 ribu pengangguran di Jawa Tengah.

Angka pengangguran tersebut didominasi oleh lulusan SMK

"Jika sebelumnya pengangguran didominasi oleh lulusan SMP ke bawah, kini bergeser kepada lulusan SMK," katanya. (*)

Penulis: Agil Tri
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved