Wonogiri Diharapkan Jadi Percontohan Budidaya Tanaman di Indonesia

Ratusan tanaman srikaya, alpukat, dan ribuan sereh ditanam di area Perum Jasa Tirta (PJT) Waduk Gajah Mungkur Wonogiri seluas 4,5 hektare.

Wonogiri Diharapkan Jadi Percontohan Budidaya Tanaman di Indonesia
(Reporter Magang Tribunsolo.Com/Fery Setyo Wahyu Pramono)
Kekeringan di sawah Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. Foto diambil Rabu (4/10/2017). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, WONOGIRI - Danrem 074/Warastratama, Kolonel Inf Rafael Granada Baay, ingin Kabupaten Wonogiri sebagai ikon percontohan pertanian di Indonesia.

Hal itu ia sampaikan saat memberi sambutan penanaman ratusan pohon alpukat dan srikaya jumbo, dan ribuan tanaman sereh di Dusun Pokoh Kidul, Desa Purworejo Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri (Sekitaran Waduk Bedol), Rabu (27/2/2019).

Ratusan tanaman srikaya, alpukat, dan ribuan sereh ditanam di area Perum Jasa Tirta (PJT) Waduk Gajah Mungkur Wonogiri seluas 4,5 hektare.

"Negara kita dijajah beratus-ratus tahun karena kita memiliki rempah-rempah yang sangat dicari oleh asing, namun persediaan rempah-rempah kita semakin menurun," katanya.

Dengan penanaman pohon ini, merupakan satu langkah kecil untuk menjadikan Kabupaten Wonogiri sebagai ikon percontohan pertanian di Indonesia.

"Oleh karena itu, saya berharap di Wonogiri ini, kita akan menjadi percontohan untuk wilayah yang lain dalam bidang pertanian, baik itu buah-buahan, padi, dan rempah-rempah," katanya.

Dia ingin mengubah stigma Kabupaten Wonogiri sebagai wilayah yang kering dan tandus, menjadikan daerah yang produktif.

"Tiga tahun saya kesini, saya melihat Wonogiri kok sepi, padahal pernah ada kejuaran terbang layang (gantole), orang bilang Wonogiri tandus, saya lihat tidak, cuma bagaimana mengolahnya," katanya.

Jika pengolahan tanaman bisa diterapkan dengan baik, Rafael yakin Wonogiri tidak hanya dijadikan kota perlintasan, masyarakat akan berhenti untuk melihat proses penanaman tanaman yang ada di Wonogiri.

Halaman
12
Penulis: Agil Tri
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved