11 Ribu Mangkuk Jenang akan Dibagikan saat Dies Natalis UNS Solo

Sebanyak 11 ribu mangkuk jenang akan dibagikan secara cuma-cuma saat gelaran Dies Natalis ke-43 Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Sabtu (9/3/2019)

11 Ribu Mangkuk Jenang akan Dibagikan saat Dies Natalis UNS Solo
TRIBUNSOLO.COM/IMAM SAPUTRO
UNS SOLO - Gerbang depan Universitas Sebelas Maret di Jl Ir. Sutami, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (29/3/2016). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Eka Fitriani

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Sebanyak 11 ribu mangkuk jenang akan dibagikan secara cuma-cuma saat gelaran Dies Natalis ke-43 Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Akan ada 11 macam jenang mulai dari jenang abang putih, jenang sumsum hingga jenang grendul.

Pembagian jenang akan dilakukan pada Sabtu (9/3/2019) di Halaman Gedung Rektorat dr Prakosa UNS Solo dalam acara Sebelas Maret Festival (Semarfest) 2019, rangkaian Dies Natalis ke-43 UNS Solo.

Jenang akan dibagikan seusai senam dan jalan sehat keluarga besar UNS.

Sehingga setelahnya, seluruh civitas akademika serta masyarakat yang hadir bisa menikmatinya.

Dies Natalis ke-43 UNS: Hadirkan Beragam Kegiatan, Mulai dari Kirab Garuda hingga Fashion Show

“Kami bagikan jenang karena jenang menjadi simbol doa, persatuan dan semangat bagi masyarakat Jawa," kata Ketua Semarfest 2019, Ary Setyawan, saat jumpa pers di rumah makan Handrawina Palur, Karanganyar Selasa (5/3/2019) sore.

Jumlah dan jenis tersebut mendasari filosofi Jawa dalam bentuk syukur kepada Tuhan atas bertambahnya usia UNS dan atas segala pencapaian UNS.

Hal tersebut karena tahun ini UNS akan meningkat statusnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).

"Angka 11 dalam Bahasa Inggris adalah eleven, kami angkat menjadi tema Eleven to Elevate atau menandai peningkatan status UNS," katanya.

Pada 2019, Dies Natalis UNS menghadirkan beragam kegiatan, di antaranya acara seremoni, olahraga, pengabdian masyarakat, seni budaya, dan pameran.

Rektor UNS Solo Beserta Jajaran Tinjau KKN Mahasiswa di Ngawi, Jatim

Puncak kegiatan Dies Natalis akan dilaksanakan pada Senin (11/3/2019).

Acara akan bertempat di Auditorium UNS dengan agenda Sidang Senat Terbuka, Orasi Ilmiah dengan judul Membangun Universitas untuk Melahirkan Ilmuwan Berbasis Inovasi dan Standardisasi

Orasi ilmiah tersebut akan disampaikan oleh Ketua Dewan Riset Nasional (DRN), Dr Ir Bambang Setiadi, IPU serta dilanjutkan dengan peresmian Confusius Institute (Pusat Bahasa Mandarin). (*)

Penulis: Eka Fitriani
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved