4.715 Lembar Surat Suara Pilpres di KPU Sukoharjo Rusak

KPU Sukoharjo sudah melaporkannya ke KPU Pusat, KPU Provinsi dan percetakan, untuk bisa ditindak lanjuti.

4.715 Lembar Surat Suara Pilpres di KPU Sukoharjo Rusak
TribunSolo.com/Agil Tri
Komisioner KPU Sukoharjo Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Suci Handayani (Tengah) saat menunjukan surat suara yang rusak di Kantor KPU Sukoharjo, Sabtu (9/3/2019). 

Laporan wartawan TribunSolo.com, Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Sebanyak 4.715 lembar kertas surat suara untuk Pemilihan Presiden pada Pemilu 17 April 2019 mendatang di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukoharjo ditemukan rusak.

Komisioner KPU Sukoharjo Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Suci Handayani mengatakan hal tersebut diketahui setelah proses penyortiran dan pelipatan Surat Suara Pilpres.

"Setelah kita lakukan sortir dan lipat, kita temukan surat suara yang rusak sebanyak 4.715, yang sudah kita pisahkan dan kita kumpulkan," katanya saat ditemui TribunSolo.com di Kantornya, Sabtu (9/3/2019).

40 Hari Jelang Pemilu, Jokowi Merasa Diserang 4 Fitnah

Menanggapi penemuan surat suara yang rusak ini, KPU Sukoharjo sudah melaporkannya ke KPU Pusat, KPU Provinsi dan percetakan, untuk bisa ditindak lanjuti.

"Kita sudah laporkan ke KPU Pusat, KPU Provinsi dan percetakan, kita lagi koordinasi untuk diganti," katanya.

Dia mengaku belum tau kapan surat suara pengganti itu akan datang, karena saat ini Ketua KPU Sukoharjo sedang di Jakarta untuk koordinasi surat suara.

Kerusakan kertas suara cukup berfariasi, ada yang bolak-balik ada gambarnya, transparan, kertas terlipat, kertas tidak ada cetakannya, kertas sudah berlubang, dan ada coretan tintanya saat dicetak.

Kisah Pemilik Dealer Motor Bekas di Kadipiro Solo, Kerap Terima Uang Lecek hingga Recehan Pembeli

Selain itu, jumalah pengiriman surat suara juga kurang dari jumlah kebutuhan yang dibutuhkan KPU Sukoharjo.

"Kita terima kemarin itu 682.937 surat suara untuk Pilpres, kebutuhan kita 683.731 sesuai DPT dan ditambah 2 persen," katanya.

Jika ditambah dengan jumlah BTTB dikurangi total sortir sebanyak 1.605, KPU Sukoharjo masih kekurangan 7.114 lembah surat suara untuk Pilpres mendatang. (*)

Penulis: Agil Tri
Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved