Cegah Pemalsuan Tanda Tangan, Pemkab Sukoharjo Siapkan Tanda Tangan Elektronik

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sukoharjo, Suryanto, mengatakan pemanfaatan tanda tangan digital (elektronik) telah diamanatkan oleh Undang-undang.

Cegah Pemalsuan Tanda Tangan, Pemkab Sukoharjo Siapkan Tanda Tangan Elektronik
TRIBUNSOLO.COM/AGIL TRI
Sosialisasi Tanda Tangan Elektronik dan Implementasinya dalam SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) di ruang Graha Satya Karya (GSK) Setda Sukoharjo, Kamis (14/3/2019). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Cegah pemalsuan tanda tangan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar Sosialisasi Tanda Tangan Elektronik dan Implementasinya dalam SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik).

Sosialisasi digelar di ruang Graha Satya Karya (GSK), yang diikuti oleh seluruh Kepala OPD, Kepala Bagian, dan Camat di lingkungan Pemeritah Kabupaten Sukoharjo, Kamis (14/3/2019).

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sukoharjo, Suryanto, mengatakan pemanfaatan tanda tangan digital (elektronik) telah diamanatkan oleh Undang-undang (UU).

Yang meliputi UU Nomor 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), serta Peraturan Pemerintah Nomor 82/2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

Tinjau Dinamika Politik Jelang Pemilu 2019, Anggota Wantannas Kunjungi Bawaslu Sukoharjo

Sehingga Tanda Tangan Elektronik ini memiliki kedudukan yang sama dengan tanda tangan manual pada umumnya dan memiliki kekuatan hukum serta akibat hukum yang sah.

"Maraknya kasus kejahatan elektronik (Cyber Crime) dan kebutuhan masyarakat akan perlindungan transaksi elektronik menjadi salah satu latar belakang penggunaan Digital Signature semakin penting," katanya.

Dia menambahkan, tanda tangan memiliki konsekuensi dan pertanggungjawaban.

Sehingga diperlukan pemahaman yang sama mengenai Tanda Tangan Elektronik (TTE) ini, bagaimana yang sah dan diakui serta keamanan dari TTE tersebut seperti apa.

Moeldoko Ingatkan Habib Bahar bin Smith, Jokowi Tak Bisa Intervensi Hukum

“Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya Pemerintah Kabupaten Sukoharjo perlu menyiapkan sarana prasarana pendukung salah satunya terkait dengan penerapan tanda tangan elektronik," katanya.

Kepala Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) BSSN, Rinaldy, menambahkan, sudah hampir 50 daerah dan instansi pusat sudah melakukan implementasi tanda tangan digital ini.

"Saya berharap budaya digital dapat berkembang, untuk kemajuan," pungkasnya (*)

Penulis: Agil Tri
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved