Longsor di Papua: 7 Meninggal Dunia, 2 Luka-luka

Hujan lebat yang menerpa kawasan Jayapura, Sabtu (16/3/2019) malam, juga menyebabkan longsor di kawasan Ampera, Kelurahan Numbay, Kota Jayapura, Papua

Longsor di Papua: 7 Meninggal Dunia, 2 Luka-luka
KOMPAS.COM
ILUSTRASI - 2 rumah tertimpa longsor, empat dusun di Kabupaten Mamuju tengah sulawesi barat terisolir. 

TRIBUNSOLO.COM, PAPUA - Hujan lebat yang menerpa kawasan Jayapura, Sabtu (16/3/2019) malam, juga menyebabkan longsor di kawasan Ampera, Kelurahan Numbay, Kota Jayapura, Papua.

Tujuh orang tewas dalam peristiwa tersebut.

"Tadi malam longsor terjadi sekitar 00.15 WIT. Kami sudah evakuasi 6 korban. Empat meninggal dan 2 luka-luka. Itu selesai sekitar pukul 03.00 WIT," ujar Kepala BPBD Kota Jayapura Bernhard Lamia ketika dihubungi Kompas.com melalui telepon, Minggu (17/3/2019) pagi.

"Sekarang dari 3 korban tewas baru 2 yang ketemu, tetapi sudah terlihat dalam keadaan meninggal, jadi 7 tewas," tambahnya.

Banjir di Papua, 4 Posko dan Dapur Umum yang Mampu Menampung Ribuan Pengungsi Telah Didirikan

Longsor yang terjadi, lanjut dia, tidak menimpa banyak rumah.

Namun, longsor menerjang salah satu rumah yang kebetulan dihuni oleh banyak anggota keluarga sehingga korban tewas menjadi banyak.

"Dua rumah yang terkena longsor tetapi di situ padat. Ada 1 rumah kos besar cuma kena sayapnya saja, tapi yang 2 rumah ini sudah habis," katanya.

Banjir Bandang di Papua: 42 Meninggal Dunia, 21 Luka-luka, Ratusan Rumah Tenggelam

Bernhard menuturkan, sejak Minggu dini hari tim BPBD Kota Jayapura terus berusaha mengevakuasi korban tetapi hingga kini, satu korban tewas pun belum berhasil diangkat dari reruntuhan.

Keterbatasan alat, menurut dia, membuat tim cukup lama melakukan evakuasi. Baru pada pagi hari, BPBD Kota Jayapura mendapat bantuan alat berat.

"Tadi malam kami evakuasi secara manual tapi sekarang kami pakai alat berat yang kami sewa. Sampai sekarang kami masih evakuasi, dipastikan 7 orang meninggal dan tidak ada laporan orang hilang lagi," katanya.

Akibat longsor tersebut, satu ruas Jl Adipura hilang dan hingga kini areal tersebut belum ditutup meski sangat berisiko terjadinya longsor susulan. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Longsor Landa Kota Jayapura, 7 Orang Tewas"
Penulis : Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi

Editor: Fachri Sakti Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved