Pemilu 2019

Data KPU Pusat: 328 Ribu Pemilih Tercatat Pindah TPS

Sebanyak 328 ribu pemilih tercatat menempuh prosedur pindah memilih atau pindah Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Data KPU Pusat: 328 Ribu Pemilih Tercatat Pindah TPS
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Ilustrasi pemungutan suara: Warga memberikan suara saat simulasi pemungutan suara di TPS Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (3/3/2013). 

TRIBUNSOLO.COM - Sebanyak 328 ribu pemilih tercatat menempuh prosedur pindah memilih atau pindah Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Jumlah ini merupakan data sementara yang dicatat Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Angka tersebut dipastikan akan bertambah lantaran KPU masih melakukan rekapitulasi jumlah pemilih yang pindah memilih dan tercatat dalam Daftat Pemilih Tambahan (DPTb).

"Jumlah minggu kemarin sekitar 328 ribu yang sudah tercatat, dan kita masih update dari bawah karena kemarin, hari terkahir, cukup banyak yang antre di sejumlah tempat," kata Komisioner KPU, Viryan Azis, saat dikonfirmasi, Selasa (19/3/2019), seperti dikutip TribunSolo.com dari Kompas.com.

Viryan mengatakan, saat ini KPU telah menghentikan layanan pindah memilih.

KPU Solo Resmi Tutup Layanan Formulir A5 untuk Pindah Memilih saat Pemilu 2019

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu yang menyebut, layanan pindah memilih dilakukan paling lambat 30 hari sebelum hari pemungutan suara, atau 17 Maret 2019.

Meski begitu, ia menyebut, masih banyak pemilih yang ingin pindah tempat mencoblos.

KPU tak lagi bisa melayani pemilih tersebut, kecuali Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan permohonan uji materi tantang ketentuan waktu pindah memilih.

Jika hasil uji materi peraturan itu diputuskan setelah hari pemungutan suara, maka KPU tetap akan berpegang pada regulasi yang ada.

"Ya kalau enggak diputus MK (dengan tepat waktu) artinya KPU berpegang pada regulasi dan kemudian tidak memberikan pelayanan DPTb."

Halaman
12
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved