12 Pramuka Siaga Sukoharjo Meraih Pramuka Garuda

Sebanyak 12 Pramuka Siaga Sukoharjo meraih tingkatan tertinggi dalam Pramuka, yakni Pramuka Garuda.

12 Pramuka Siaga Sukoharjo Meraih Pramuka Garuda
TRIBUNSOLO.COM/AGIL TRI
Penyerahan penghargaan kepada 12 Pramuka Siaga Sukoharjo yang Meraih Pramuka Garuda, di Pendopo Graha Satya Praja (GSP) Setda Sukoharjo, Jumat (22/3/2019) . 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Sebanyak 12 Pramuka Siaga Sukoharjo meraih tingkatan tertinggi dalam Pramuka, yakni Pramuka Garuda.

Pelantikan dilaksanakan oleh Waka Keuangan Kwarcab Sukoharjo, Bambang Sutrisno, di Pendopo Graha Satya Praja (GSP) Setda Sukoharjo, Jumat (22/3/2019).

Penetapan Pramuka Garuda siaga angkatan I tahun 2019 berdasarkan surat keputusan Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Sukoharjo No 06 tahun 2019 .

Bambang mengatakan Pramuka Siaga Garuda adalah seorang anggota muda gerakan pramuka yang telah mencapai kecakapan dan penghargaan tertinggi pada masing masing jenjang pendidikan kepramukaan.

120 Peserta Pramuka Ikuti Pesta Siaga Kwarcab Sukoharjo, Barung Putra dan Putri Siap Berebut Juara

"Sehingga menjadi kebanggaan siapapun apabila seseorang sebagai Pramuka Garuda," katanya.

Setelah melalui seleksi dan serangkaian tes wawancara dan tes kecakapan, mereka dinyatakan lulus, yang kemudian 12 Pramuka Siaga tersebut dilantik menjadi Pramuka Garuda.

"Ujian pramuka garuda dilaksanakan berdasar keputusan Kwarnas gerakan Pramuka nomor 038 tahun 2017 tentang petunjuk penyelenggaraan pramuka garuda," katanya.

Ujiannya sendiri dilaksanakan pada hari Sabtu (16/3/2019) di Balai Desa Sidorejo, Bendosari, dengan menghadirkan narasumber seperti orang tua, guru, kepala sekolah, tokoh masyarakat dan pembinanya.

253 Pramuka se-Eks Keresidenan Surakarta Ikuti KOMPBI di Unisri Solo

Ke-12 Pramuka yang mendapat gelar Garuda Siaga adalah Timotius Hibran Adi dan Rafael Royan Saputra dari SD Kanisius Mayang, lalu Wahyu Royan Saputra, Faisal Widyatmoko, Quinsa Extrada Yusa, dan Cania Sari dari SDN Pranan 01.

Rafie Bagus Pratomo dan Hisyam Dhiaulhaq dari MIN 2 Sukoharjo, Rofifah Maimunah dan Asna Nimattujannah dari SDN ngrombo, Astria Aulia Fernanda dan Rastri Kesumaning dari SDN Mayang.

Sementara itu pada kesempatan yang sama dilaksanakan kontingen pelepasan Pesta Siaga Tingkat Pembinaan Wilayah (Binwil) Surakarta tahun 2019.

Kontingen dilepas disaksikan langsung pengurus Kwarcab Jepara Sukoharjo.

Tes Kepribadian - Mudah Baper atau Perfeksionis? Cari Tahu Karaktermu Lewat Cara Sederhana Ini

Pemimpin Kontingen, Sahirno mengatakan timnya sudah siap untuk berlaga berlomba dalam pesta siaga binwil Surakarta yang diselenggarakan di Kabupaten Karanganyar.

"saat ini kontingen siap berlaga membawa bendera Kabupaten Sukoharjo, kami akan melakukan dengan sekuat tenaga dengan sportifitas yang tinggi kami berenam siap untuk mengikuti perlombaan Binwil," katanya. (*)

Penulis: Agil Tri
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved