Pemilu 2019

Mendagri Ungkap Hal yang Berpotensi Gagalkan Pemilu 2019

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, mengungkap hal yang berpotensi menggagalkan Pemilu 2019.

Mendagri Ungkap Hal yang Berpotensi Gagalkan Pemilu 2019
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo berbicara kepada wartawan pada konferensi pers laporan akhir tahun, di kantor Kemendagri Jakarta, Rabu (26/12/2018). 

TRIBUNSOLO.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, mengungkap hal yang berpotensi menggagalkan Pemilu 2019.

Bukan ancaman terorisme melainkan bencana alam.

“Pemilu bisa gagal bukan karena ancaman, tapi bencana alam yang bisa buat Pemilu gagal terlaksana,” ungkapnya dalam acara Rakornas Bidang Kewaspadaan Nasional Dalam Rangka Penyelenggaraan Pemilu 2019 di Hotel Grand Paragon, Jakarta Barat, Rabu (27/3/2019), dikutip TribunSolo.com dari Tribunnews.com.

Oleh karena itu ia meminta semua pihak yang terlibat dalam Pemilu termasuk KPU, Bawaslu, panitia pencoblosan di tempat pemungutan suara Panitia Pengawas Pemilu di daerah untuk mengantisipasi hal tersebut.

Dua Lembaga Independen Mendaftar ke Bawaslu Sukoharjo untuk Membantu Mengawal Pemilu 2019

Ia mengatakan pemerintah daerah hingga tingkat desa dan kecamatan serta penyelenggara Pemilu melakukan mitigasi potensi yang bisa mengancam penyelenggaraan Pemilu di lokasi masing-masing.

“Deteksi bisa dilakukan sampai tingkat dusun, RT, dan RW karena pasti ada tps yang dekat dengan gunung berapi dan tanah rawan longsor misal, Pemilu bisa gagal di wilayah seperti itu,” tegasnya.

“Saya juga sudah menyampaikan kepada BNPB dan BPBD untuk mengantisipasi segala kemungkinan di 17 April 2019,” pungkasnya. (Tribunnews.com/Rizal Bomantama) 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Bukan Ancaman Teroris, Ini Menurut Mendagri yang Bisa Menggagalkan Pemilu"

Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved