Earth Hour 2019 Sukses Digelar di Balai Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo Berharap Jadi Gaya Hidup

Perayaan Earth Hour 2019 sukses digelar di Pedhapi Gedhe Balai Kota Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (30/3/2019).

Penulis: Claudia Noventa | Editor: Suut Amdani
Dok. Earth Hour Solo
Perayaan Earth Hour 2019 sukses digelar di Pedhapi Gedhe Balai Kota Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (30/3/2019). 

TRIBUNWOW.COM - Perayaan Earth Hour 2019 sukses digelar di Pedhapi Gedhe Balai Kota Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (30/3/2019).

Acara yang sempat diminta mundur oleh Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo, itu berlangsung mulai pukul 19.00-22.00 WIB.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo.

Achmad Purnomo hadir dan berpartisipasi dalam rangkaian acara tersebut.

Earth Hour Solo Ajak Murid SMP 4 Surakarta Manfaatkan Sampah Dapur dengan Praktik Ekoenzim

Achmad Purnomo juga menyampaikan pesan yang dititipkan oleh FX Hadi Rudyatmo yang tak dapat menghadiri acara.

Dalam pesannya tersebut, FX Hadi Rudyatmo sangat mendukung perayaan Earth Hour yang sangat berguna untuk memperbaiki lingkungan.

"Earth Hour dilaksanakan untuk mengingatkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa penghematan energi dan pelestarian lingkungan mutlak harus dilakukan," pesan FX Hadi Rudyatmo yang disampaikan Achmad Purnomo, Sabtu.

Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo (lima dari kiri), bersama tamu undangan yang lain ikut berpartisipasi dalam acara Earth Hour Solo 2019  di Pedhapi Gedhe Balai Kota Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (30/3/2019).
Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo (lima dari kiri), bersama tamu undangan yang lain ikut berpartisipasi dalam acara Earth Hour Solo 2019 di Pedhapi Gedhe Balai Kota Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (30/3/2019). (TribunSolo/Claudia N)

FX Hadi Rudyatmo juga mengingatkan warga untuk menghemat energi dan mengurangi kebiasaan yang bisa merusak lingkungan.

"Saat ini kita dihadapkan pada keterbatasan energi dan kerusakan lingkungan yang terus meningkat. Agar lingkungan tetap lestari, marilah kita melakukan penghematan energi seperti mematikan listrik atau peralatan elektronik yang tidak dipakai. Mengurangi penggunakan kertas, tisu, dan sampah plastik. Menghemat penggunaan air dan menggunakan trasportasi masal, termasuk Earth Hour mematikan listrik selama satu jam."

"Jika hal ini dapat dilakukan oleh seluruh penduduk dunia maka akan memiliki dampak yang luar biasa bagi penghematan energi dan pelestarian bumi. Saya akan mengajak pimpinan lembaga pemerintah dan swasta serta warga Kota Surakarta untuk berpartisipasi dalam acara Earth Hour Surakarta dengan memadamkan peralatan listrik minimal satu jam sehari pada malam hari. Dimulai pada pukul 20.30 sampai 21.30 WIB," lanjutnya.

Connect to Leader, Upaya Earth Hour Ajak Pemerintah Berpartisipasi Jaga Lingkungan

FX Hadi Rudyatmo juga berharap kegiatan tersebut bisa menjadi gaya hidup masyarakat, khususnya warga Solo.

"Hadirin yang berbahagia saya berharapan perayaan Earth Hour bukan sekadar mematikan listrik selama satu jam namun bagaimana masyarakat mampu mengubah gaya hidup jangka panjang untuk hemat energi."

"Earth Hour tidak hanya dilaksanakana pada malam ini saja, namun, diupayakan secara terus-menerus dan continue sehingga menjadi budaya dengan hemat energi dan gaya hidup masyarakat. Marilah kita budayakan hemat energi dan peduli pada lingkungan untuk kehidupan yang lebih baik," tegas Achmad Purnomo.

Sebelumnya, Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, sempat meminta panitia Earth Hour untuk mengundur jadwal pemadaman listrik dan peralatan elektronik pada Sabtu (30/3/2019) menjadi Minggu (31/3/2019).

Penampilan Sanggar Pasinaon Pelangi di acara Earth Hour Solo 2019 saat pemadaman lampu dimulai, di Pedhapi Gedhe Balai Kota Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (30/3/2019).
Penampilan Sanggar Pasinaon Pelangi di acara Earth Hour Solo 2019 saat pemadaman lampu dimulai, di Pedhapi Gedhe Balai Kota Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (30/3/2019). (TribunSolo/Claudia N)
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved