Pemilu 2019

Hasto: Ancaman Amien Rais Tidak Akan Diikuti Rakyat

Hasto Kristiyanto menilai ancaman people power yang dilontarkan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais tidak akan diikuti rakyat.

Hasto: Ancaman Amien Rais Tidak Akan Diikuti Rakyat
KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO
Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Joko Widodo-Maruf Amin, Hasto Kristiyanto, saat ditemui di kantor DPP PDI-P, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/12/2018). 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Sekertaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menilai ancaman people power yang dilontarkan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais tidak akan diikuti rakyat.

Ia bahkan meyakini Amien berserta empat anaknya yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif itu takkan mampu menggerakkan people power.

Sebab, upaya delegitimasi yang dilakukan Amien Rais justru berlawanan dengan kebijakan partainya yang turut memilih pimpinan penyelenggara pemilu.

"Itu malah kontradiktif, ya. Karena tekanan-tekanan yang ditujukan kepada KPU dan Bawaslu, toh mereka ikut memilih. Partai Gerindra, PAN ikut memilih pimpinan KPU dan Bawaslu sehingga tindakan yang bertentangan dengan konstitusi berdampak negatif," kata Hasto Kristiyanto sebelum melakukan perjalan ke Jawa Barat di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (3/4/2019).

Tanggapi People Power Amien Rais, Mahfud MD: Kecurangan Sekarang Hampir Tidak Mungkin Terjadi

Sekertaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi - Maruf Amin ini mengatakan, rakyat akan memberikan hukuman kepada mereka khususnya Amien jika bertindak inkonstitusional.

Hasto Kristiyanto mencontohkan pengalaman PDI Perjuangan pada Orde Baru pernah dilarang ikut pemilu dan kantor partainya diserang.

Namun, Hasto Kristiyanto menegaskan pihaknya tetap taat pada hukum.

"Kekuatan moral dalam politik itu jangan dilupakan. Itu adalah kekuatan mahadahsyat. Tidak ada satu pun kekuatan, Pak Amien Rais mau mengerahkan empat anaknya yang jadi caleg pun tidak akan mampu mengalahkan kekuatan moral dari rakyat itu," jelas Hasto.

Dikabarkan sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengatakan pihaknya akan menyiapkan aksi massa besar jika sampai muncul dugaan kecurangan dalam pilpres 2019.

Soal Ancaman People Power, TKD Solo Nilai Amien Rais Sudah Merasa Kalah Sebelum Pemilu 2019

Ketua Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo - Sandiaga Uno ini bahkan enggan melapor pada Mahkamah Konstitusi (MK) dan lebih memilih people power.

“Kalau nanti terjadi kecurangan, kita enggak akan ke MK (Mahkamah Konstitusi). Enggak ada gunannya, tapi kita pilih people power, karena itu sah,” kata Amien Rais, Minggu (31/3/2019). (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Hasto Mengaku Ragukan Pernyataan Amien Rais soal People Power
Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia

Editor: Fachri Sakti Nugroho
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved