Tiga Universitas Negeri di Indonesia Masuk ke Peringkat 500 Besar Dunia: UI, ITB dan UGM

Tiga PTN masuk ke peringkat 500 besar dunia yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Tiga Universitas Negeri di Indonesia Masuk ke Peringkat 500 Besar Dunia: UI, ITB dan UGM
Kompas.com/energitoday
Universitas Indonesia yang dihuni para periset andal, seharusnya digandeng Pemerintah Kota Depok untuk menghasilkan produk kreatifitas unggulan sehingga berpotensi terciptanya basis ekonomi yang akan mengurai masalah klasik perkotaan; macet. 

TRIBUNSOLO.COM - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir, menyampaikan 11 Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) harus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), riset dan inovasi agar dapat bersaing di tingkat dunia.

Saat ini dari 11 PTN BH, baru 3 PTN masuk ke peringkat 500 besar dunia yaitu Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

“Harapan publik pada PTN BH yaitu menjadi ‘Leading University’ di Indonesia dan menjadi pemacu peningkatan daya saing dan kesejahteraan," harap Menristekdikti saat membuka Sidang Komisi C Majelis Senat Akademik (MSA) Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) di Semarang (1/4/19).

Target 500 besar

Dikutip TribunSolo.com dari Kompas.com, Menristek menyampaikan ada beberapa program strategis yang harus dijalankan yaitu penguatan riset dan inovasi, pengembangan sumber daya, implementasi revolusi industri 4.0 dan penguatan excellent teaching and learning.

Menteri Nasir melalui rilis media resmi mengharapkan dengan menjalankan program strategis yang telah dicanangkan Kemenristekdikti, seluruh PTN BH dapat masuk ke peringkat 500 besar dunia.

10 Negara Terbaik di Dunia Penyedia Pendidikan Masa Depan, Negara-negara di Eropa Unggul

“PTNBH kami anggap sudah memiliki visi dan sarana yang maju, kami dorong terus agar bisa masuk 500 besar semua," imbuh Menteri Nasir.

Menteri Nasir menambahkan untuk mencapai harapan publik dengan program-program strategis yang dijalankan maka PTNBH memerlukan ‘governance’ yang baik termasuk pembagian kerja organ MWA, Rektor dan Senat.

Perlu dicermati juga apakah ‘governance’ yang ada telah memberikan penggunaan sumberdaya yang ada termasuk para dosen sehingga menghasilkan layanan tri dharma pendidikan tinggi dan pengembangan iptek yang optimal.

Menteri Nasir sampaikan lebih lanjut kepada delegasi dari 11 PTN-BH di Indonesia bahwa negara yang maju bukanlah negara yang memiliki jumlah penduduk besar maupun luas wilayahnya, melainkan mereka yang berinovasi.

Halaman
12
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved