Damkar Sukoharjo Latih Ibu-ibu PKK Tanggulangi Kebakaran karena Tabung Gas

Damkar Kabupaten Sukoharjo melakukan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran kepada kader penggerak PKK se-Kabupaten Sukoharjo.

Damkar Sukoharjo Latih Ibu-ibu PKK Tanggulangi Kebakaran karena Tabung Gas
TRIBUNSOLO.COM/AGIL TRI
Seorang peserta penyuluhan sedang menyemprotkan APAR pada sebuah api di Halaman kantor Kecamatan Sukoharjo, Kamis (4/4/2019). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Banyaknya kasus kebakaran yang terjadi, membuat Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Sukoharjo melakukan tindakan preventif.

Penggunaan gas LPG di kalangan ibu rumah tangga semakin masif, terlebih pasca-dihapuskannya subsidi minyak tanah oleh pemerintah.

Namun, pemasangan dan penggunaan gas LPG yang salah dapat mengakibatkan ledakan pada tabung gas ELG itu sendiri, yang mana sangat membahayakan penggunanya.

Mengantisipasi kejadian seperti itu, Damkar Kabupaten Sukoharjo melakukan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran kepada kader penggerak PKK se-Kabupaten Sukoharjo, di Pendopo kantor Kecamatan Sukoharjo, Kamis (4/4/2019).

Sosialisasi ini guna meminimalisir adanya kebakaran yang sering terjadi di rumah-rumah, baik itu disebabkan karena meledaknya gas LPG maupun arus listrik.

Dinas Pemadam Kebakaran Solo akan Tambah 1 Unit Mobil Damkar pada Triwulan Ketiga

Kabid Damkar Kabupaten Sukoharjo, Margono mengatakan, sosialisasi ini agar anggota PKK dan masyarakat tahu cara memadamkan api di rumah dengan benar, sehingga bisa meminimalisir kerugian materiil yang akan dialami.

"Kebakaran yang terjadi di rumah-rumah biasanya ditimbulkan karena gas LPG yang bocor, oleh karena itu, kami memberikan bimbingan kepada ibu-ibu agar mengetahui cara memadamkan api yang benar," katanya.

Ketua TP PKK Kabupaten Sukoharjo, Etik Suryani berharap, ibu-ibu kader PKK se-Kabupaten Sukoharjo bisa menimba ilmu dalam sosialisasi ini.

Sehingga tahu cara memadamkan api di rumah dengan benar dan bisa meminimalisir kerugian materiil yang akan dialami.

"Saya mengapresiasi petugas Damkar Sukoharjo yang mau memberikan bimbingan kepada masyarakat khususnya bagi kader PKK se-Kabupaten Sukoharjo pada hari ini."

"Karena petugas sudah bersusah payah mau membekali tips pencegahan dan penanggulangan kebakaran kepada masyarakat terutama ibu-ibu yang sering berada di dapur," kata Etik.

Endang, kader PKK di Kecamatan Sukoharjo menuturkan, bahwa sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi dirinya yang merupakan penjual gas LPG.

Tips pencegahan dan penanggulangan kebakaran ini bisa ia terapkan di rumah jika terjadi kebakaran.

Selain itu, dia juga akan membagikan ilmu dan tips yang diperolehnya dari sosialisasi ini ke seluruh pembeli gas LPG. (*)

Penulis: Agil Tri
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved