Breaking News:

Arus Mudik Lebaran 2019, Kemenhub Tutup Sejumlah Jalur Tol untuk Dilintasi Kendaraan Berat

Kementerian Perhubungan akan membatasi kendaraan berat melintas di sejumlah ruas jalan mulai 31 Mei hingga 2 Juni 2019

Editor: Putradi Pamungkas
MURTI ALI LINGGA/KOMPAS.com
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengunjungi Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) di Curug, Kabupaten Tangerang, Minggu (18/11/2018). 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan akan membatasi kendaraan berat melintas di sejumlah ruas jalan mulai 31 Mei hingga 2 Juni 2019 selama musim mudik Lebaran 2019 dengan prediksi puncak arus mudik pada 31 Mei 2019, dimulai sejak pukul 24.00 WIB.

Adapun pada saat arus baliknya, kendaraan berat dilarang melintas pada 8 sampai 10 Juni 2019 dengan puncak arus balik pada 9 Juni 2019, mulai pukul 24.00 WIB.

Hal tersebut perlu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan saat musim mudik Lebaran 2019.

“Pembatasan kendaraan dengan muatan tertentu kelihatannya masih tetap dilakukan, oleh karenanya asosiasi yang bersangkutan agar lebih mempersiapkan diri dengan baik,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Mengaku Belum Terima Honor, Ratusan Petugas KPPS Datangi Kantor KPU Sleman

Adapun ruas tol yang dilarang dilintasi kendaraan berat pada waktu yang telah diatur itu, yakni Tol Terbanggi Besar-Bakauheni, Jakarta-Merak, JORR, Prof Soedyatmo, Jakarta-Bogor-Ciawi-Sukabumi, Jakarta-Cikampek-Palimanan-Kanci-Pejagan-Pemalang-Semarang, Purbaluenyi.

Termasuk Semarang seksi A, B, C, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Kertosono-Mojokerto, Mojokerto-Surabaya, Surabaya-Gempol, Porong-Gempol, Gempol-Pandaan, Gempol-Pasuruan, Pasuruan-Probolinggo, Pandaan-Malang.

Sedangkan jalan nasional yang dilarang, yaitu Gerem-Merak, Bandung-Nagrek-Tasikmalaya, Pandaan-Malang, Probolinggo-Lumajang, Jombang-Caruban, Banyuwangi-Jember, dan Denpasar-Gilimanuk.

“Pengusaha angkutan barang harus merencanakan itu"

"Sehingga mereka bisa menetapkan satu pola-pola angkutan pengganti dan sudah melakukan sebelum atau sesudah," kata Budi. (Kompas.com/Akhdi Martin Pratama)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Arus Mudik, Jumlah Kendaraan Berat akan Dibatasi Mulai 31 Mei 2019"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved