Pemilu 2019

Terjunkan 66 Pengawas, Bawaslu Solo Cegah Potensi Terjadinya Penggelembungan atau Penyusutan Suara

Bawaslu Solo menerjunkan pengawas di tingkat kecamatan hingga kelurahan untuk mengawasi proses rekapitulasi surat suara.

Terjunkan 66 Pengawas, Bawaslu Solo Cegah Potensi Terjadinya Penggelembungan atau Penyusutan Suara
TRIBUNSOLO.COM/ASEP ABDULLAH ROWI
Supervisi Bawaslu Solo di Kelurahan Karangasem, Kecamatan Laweyan, Senin (22/4/2019). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Asep Abdullah Rowi

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Solo menerjunkan pengawas di tingkat kecamatan hingga kelurahan untuk mengawasi proses rekapitulasi surat suara.

Menurut Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Solo, Muh Muttaqin, ada sebanyak 66 pengawas dari kecamatan hingga kelurahan yang bertugas mengawasi proses rekapitulasi suara di tingkat kecamatan tersebut sejak 20 April lalu.

"Total 66 orang yang bertugas, yakni 15 pengawas kecamatan (wascam) dan 51 pengawas kelurahan (waskel)," kata dia kepada TribunSolo.com, Senin (22/4/2019).

"Mereka bertugas sampai selesai jadwal rekap pleno besok," tuturnya.

Soal Polemik Pemilu 2019, Mahfud MD: Nanti akan Ketahuan Ada Kecurangan atau Tidak

Lebih lanjut Muttaqin menjelaskan, pengawasan yang dilakukan Bawaslu sebagai upaya agar tidak terjadi penggelembungan maupun penyusutan perolehan suara.  

Pihaknya mengaku membagi secara bergiliran proses pengawasan rekapitulasi suara tersebut terhadap  di 5 kecamatan di wilayah Solo.

"Tiap pleno rekapitulasi suara biasanya berbasis kelurahan, maka Panwas kelurahan yang berjaga didampingi Panwas kecamatan," ucapnya.

Dia menambahkan, saat mengikuti rapat pleno tingkat kecamatan, setiap pegawas membawa salinan C1, foto C1 plano dan kelengkapan rekap penghitungan di tingkat TPS," jelasnya menegaskan.

“Data pengawasan kita di TPS lalu senantiasa kita sandingkan dengan rekapitulasi, sehingga fungsi kontrol akan tetap berjalan," harapnya. 

Halaman
1234
Penulis: Asep Abdullah Rowi
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved