Kasus Bupati Cianjur, KPK Limpahkan Berkas Dakwaan ke Pengadilan

KPK limpahkan berkas dakwaan kasus dugaan pemerasan atau pemotongan penerimaan dana alokasi khusus bidang pendidikan SMP di Cianjur ke pengadilan.

Kasus Bupati Cianjur, KPK Limpahkan Berkas Dakwaan ke Pengadilan
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

TRIBUNSOLO.COM - Kasus dugaan pemerasan atau pemotongan penerimaan dana alokasi khusus bidang pendidikan SMP di Cianjur yang menyeret nama Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar, dilimpahkan ke pengadilan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Jaksa Penuntut Umum KPK telah melimpahkan perkara dugaan pemerasan atau pemotongan penerimaan DAK Fisik Bidang Pendidikan SMP di Cianjur dengan nilai total yang dipotong sekitar Rp 6,9 miliar," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, dalam keterangan tertulis, Minggu (28/4/2019).

KPK Panggil 4 Orang Saksi Terkait Dugaan Suap Dana Pendidikan Bupati Cianjur

 Dikutip TribunSolo.com dari Kompas.com, keempat terdakwa itu adalah Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar; Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cianjur Cecep Sobandi; Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cianjur Rosidin dan kakak ipar Irvan, Tubagus Cepy Septhiady.

"Berdasarkan jadwal yang disampaikan pengadilan, persidangan akan dilakukan pada hari Senin, 29 April 2019 di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Bandung, dengan agenda pembacaan dakwaan," kata dia.

Dalam kasus ini, pemotongan anggaran tersebut sebesar 14,5 persen dari nilai anggaran Rp 46,8 miliar. (Kompas.com/Dylan Aprialdo Rachman)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KPK Limpahkan Kasus Bupati Cianjur ke Pengadilan"

Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved