Lebaran 2019: Mudik Gratis dari Pemprov Jakarta untuk 16.578 Orang, Ini Syarat-syaratnya

Pemprov DKI Jakarta akan menggelar mudik gratis ke 10 kota tujuan di Jawa dari Jakarta bagi pemudik. Ini syaratnya.

Lebaran 2019: Mudik Gratis dari Pemprov Jakarta untuk 16.578 Orang, Ini Syarat-syaratnya
(Kompas.com / Tatang Guritno)
Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta membuka pendaftaran program mudik gratis, Minggu (28/4/2019) mulai pukul 00.00 WIB. 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar mudik gratis ke 10 kota tujuan di Jawa dari Jakarta bagi pemudik yang memiliki KTP atau kartu keluarga (KK) DKI Jakarta. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Sigit Wijatmiko, Minggu (28/4/2019) menyebutkan, pendaftaran online sudah dapat dilakukan sejak hari ini melalui situs web mudikgratis.jakarta.go.id.

Menurut Sigit, salah satu tujuan program itu adalah memberikan kemudahan kepada warga Jakarta yang hendak merayakan lebaran di kampung halaman.

"Selain itu juga untuk memberikan kenyamanan untuk pemudik dalam melakukan perjalanan lebaran, dan mewujudkan keselamatan bagi warga DKI Jakarta peserta mudik yang menggunakan sepeda motor," ujar dia.

Pemprov DKI Jakarta Fasilitasi Mudik Gratis untuk 16.587 Penumpang, Begini Cara Daftarnya

Program mudik gratis itu tidak hanya mengangkut penumpang tetapi juga memfasilitasi pengangkutan sepeda motor pemudik yang ingin menggunakannya di kampung halaman. 

Sigit menjelaskan, pendaftaran dilakukan secara online melalui mudikgratis.jakarta.go.id. Pendaftar yang sudah mengisi data diri secara otomatis akan memiliki kode booking dari sistem aplikasi.

"Kode booking itu kemudian diverifikasi dengan datang ke Kantor Dishub DKI Jakarta atau Sudin Dishub masing-masing wilayah," kata dia.

Proses konfirmasi kode booking bisa dilakukan dalam waktu lima hari kerja setelah kode booking diterima. 

"Proses verifikasi cukup dengan menunjukan KTP atau KK asli dan STNK jika pemudik ingin menyertakan sepeda motor. Jika sudah terverifikasi, pendaftar akan mendapatkan print out tiket mudik gratis," lanjut Sigit.

Tiket nanti dibawa saat hari keberangkatan, yakni pada 29 Mei dan 30 Mei 2019. 

"Jika tidak segera melakukan proses verifikasi dalam lima hari kerja pascamendapat kode booking, maka kode booking akan hangus dan pendaftar harus kembali mendaftar secara online," ucapnya. 

Mudik Lebaran 2019, Pemerintah Akan Diberlakukan Sistem Satu Arah di Tol Trans Jawa

Hingga pukul 19.06 WIB, peserta yang sudah mendaftarkan diri sebanyak 3.581 orang.

Tiket mudik gratis akan diberikan kepada 16.578 penumpang dengan 307 bus, sedangkan untuk sepeda motor diberikan untuk 6.255 unit dengan 139 truk.

Sepuluh kota tujuan mudik gratis adalah Ciamis, Kuningan, Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, dan Jombang. (*)

Editor: Fachri Sakti Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved