Jusuf Kalla Ingin Pembahasan ZEE di Perairan Natuna Diselesaikan: Saling Klaim, Maka Terjadi Bentrok

Jusuf Kalla ingin pembahasan terkait perbatasan Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) di perairan Natuna, antara Indonesia dan Vietnam segera diselesaikan.

Jusuf Kalla Ingin Pembahasan ZEE di Perairan Natuna Diselesaikan: Saling Klaim, Maka Terjadi Bentrok
Tribunnews.com/Rina Ayu
Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (5/3/2019) 

TRIBUNSOLO.COM - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menginginkan agar pembahasan terkait perbatasan Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) di perairan Natuna, antara Indonesia dan Vietnam segera diselesaikan.

"Kalau perbatasan Indonesia - Vietnam itu kan masih berunding. Batas kontinennya masih dibahas. Itulah yang terjadi Indonesia mengklaim, Vietnam mengklaim. Maka terjadi bentrok di situ," ujar JK saat ditemui di Istana Wapres Merdeka Selatan, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (30/4/2019).

Ia mengatakan, pembahasan batas wilayah perairan di kedua negara telah berlangsung lama.

Namun belum juga selesai, sehingga beresiko terus menimbulkan konflik, karena Indonesia - Vietnam masih sama-sama pertahanan batas wilayah masing-masing.

Video Dua Kapal Vietnam Sengaja Tabrak Kapal KRI TJiptadi-381 yang Patroli di Perairan Natuna

"Itu selalu lambat pembahasannya. Semua pihak mempertahankan posisinya. Jadi tinggal diatur. Tapi biasanya juga setelah itu selesai," ungkap dia.

Sejauh ini, JK mengatakan, Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri RI telah memanggil pejabat Kedubes Vietnam di Jakarta untuk menyampaikan protes.

Panglima Komando Armada I TNI AL Laksamana Muda TNI Yudo Margono, Minggu (28/4/2019), mengatakan, kejadian bermula saat KRI Tjiptadi-381 melaksanakan Penegakan Hukum dan Kedaulatan di Perairan Indonesia, tepatnya di Laut Natuna Utara terhadap Kapal Ikan Asing (KIA) Vietnam BD 979 yang sedang melaksanakan Illegal Fishing dan menangkap KIA Vietnam tersebut, Sabtu (27/4).

Namun KIA tersebut dikawal oleh Kapal Pengawas Perikanan Vietnam/Coast Guard Vietnam.

Pembagian Pot SEA Games 2019 Resmi Diubah Usai Tuai Protes dari Vietnam

Dan Kapal Coast Guard Vietnam berusaha untuk menghalangi proses penegakan hukum dan kedaulatan yang dilakukan oleh KRI Tjiptadi-381.

Kapal sipil Vietnam itu memprovokasi melalui usaha mengganggu proses penegakkan hukum dan kedaulatan dengan cara menumburkan kapalnya ke KRI Tjiptadi-381. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Wapres JK Ingin Perundingan Batas ZEE di Natuna antara Indonesia dan Vietnam Dipercepat
Penulis: Rina Ayu Panca Rini

Editor: Fachri Sakti Nugroho
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved