Sungai Poso di Sulawesi Tengah Meluap, 113 Kepala Keluarga Terpaksa Mengungsi

Sungai Poso, Sulawesi Tengah, meluap, berimbas pada 113 kepala keluarga yang terpaksa mengungsi karena rumahnya terendam banjir, Selasa (30/4/2019).

Sungai Poso di Sulawesi Tengah Meluap, 113 Kepala Keluarga Terpaksa Mengungsi
Kompas.com/MANSUR K103-15
Suasana rumah warga terendam banjr di Kelurahan Gebang Rejo, Poso Kota, pada Selasa (30/4/2019). 

TRIBUNSOLO.COM - Sungai Poso, Sulawesi Tengah, meluap, berimbas pada 113 kepala keluarga yang terpaksa mengungsi karena rumahnya terendam banjir, Selasa (30/4/2019).

Dikutip TribunSolo.com dari Kompas.com, berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Poso, 113 KK yang terdampak banjir tersebar di tiga kelurahan yang berada di tiga kecamatan yaitu Kelurahan Ronononcu di Kecamatan Poso Kota Selatan, Kelurahan Watuawu di Kecamatan Lage dan Kelurahan Gebang Rejo di Kecamatan Poso Kota.

Kepala BPBD Kabupaten Poso, Masdian Mentiri, seusai meninjau lokasi banjir di Kelurahan Gebang Rejo kepada Kompas.com mengatakan, selain karena faktor curah hujan yang tinggi, banjir juga diakibatkan karena perambahan hutan di hulu Sungai Poso, sehingga saat hujan Sungai Poso tidak mampu menampung debit air.

Menurutnya, tiga wilayah kecamatan yang terdampak banjir berada di pinggiran Sungai Poso sehingga saaat curah hujan tinggi, secara otomatis air naik dan meluap masuk kepemukiman warga.

Banjir di Bengkulu: 17 Orang Meninggal Dunia, 9 Orang Hilang, dan 12 Ribu Warga Mengungsi

"Kami bersama tim sejak pagi turun ke lokasi banjir dan memantau apa yang menjadi kendala dan apa perlu ditindaklanjuti, kami sudah koordinasi dengan Dinas Sosial dan sudah mendistribusikan bantuan sembako serta obat-obatan,’’ kata Masdian Mentiri.

Pihak BPBD kabupaten Poso memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut dan masih mendata kerugian material.

BPBD juga menghimbau agar masyarakat yang tinggal di pinggir Sungai Poso agar waspada dan mengungsi ditempat yang aman sambil menunggu air surut. (Kompas.com/Mansur)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Curah Hujan Tinggi Sungai Poso Meluap, 113 Kepala Keluarga Mengungsi"

Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved