Direktur Media Center DPP PAN Anggap Sosok Prabowo Tak Dongkrak Suara Partai di Pileg 2019

Direktur Media Center DPP Partai Amanat Nasional ( PAN) Dhimam Abror menilai coat-tail effect atau efek ekor jas tidak terlihat pada pemilu kali ini

Direktur Media Center DPP PAN Anggap Sosok Prabowo Tak Dongkrak Suara Partai di Pileg 2019
TRIBUNNEWS/JEPRIMA
Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto didampingi Amien Rais menyampaikan pidato politiknya di hadapan para pendukungnya dalam acara Syukuran Kemenangan Indonesia di Kartanegara, Jakarta Selatan, Jumat (19/4/2019). 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Sosok calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dinilai tak banyak berpengaruh bagi perolehan suara partai politik pendukung pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

Direktur Media Center DPP Partai Amanat Nasional ( PAN) Dhimam Abror menilai coat-tail effect atau efek ekor jas tidak terlihat pada pemilu kali ini.

Hal itu terlihat dari perolehan suara parpol pengusung yang menurutnya tidak mengalami peningkatan yang signifikan.

"Kesimpulan saya enggak ada efek ekor jas di pemilu kali ini untuk partai pengusung dan pendukung," ujar Dhimam saat dihubungi, Kamis (2/5/2019).

"Kenaikan (perolehan suara) PDI-P dan Gerindra enggak signifikan, kalau ada efek ekor jas Jokowi dan Prabowo, harusnya naik signifikan," ucapnya.

Diskon 50 Persen Tarif MRT Jakarta Masih Berlaku hingga 12 Mei 2019

Berdasarkan hasil penghitungan sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) per Kamis (2/5/2019) pukul 12.06 WIB, PAN memeroleh suara sebesar 6,99 persen.

Posisi perolehan suara PAN terendah jika dibandingkan parpol pengusung Prabowo-Sandiaga, yakni Gerindra, Demokrat dan PKS.

Menurut Dhimam, suara dari kelompok politik kanan dan kelompok 212 tertuju pada Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Anak Amien Rais, Hanum Rais Usulkan Boyolali Jadi Ibu Kota Baru, Begini Cuitannya

Sementara kekuatan politik tengah atau yang cenderung memiliki sikap moderat justru memberikan suaranya ke Partai Demokrat.

"PKS naik karena luberan politik kanan dan 212 semua ke PKS"

"PAN malah enggak kebagian"

"PAN yang kali ini coba main di kanan malah enggak dapat suara dari kanan malah sebaliknya kehilangan suara potensialnya di tengah," kata Dhimam.

Suara kanan habis disedot PKS sedangkan suara yang moderat di tengah lari ke Demokrat," tuturnya. (Kompas.com/Kristian Erdianto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sosok Prabowo Dinilai Tak Dongkrak Suara PAN"

Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved