Mudik dan Balik Lebaran 2019, Ini Rencana Rekayasa Lalu Lintas di Ruas Tol Termasuk Ganjil Genap

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) membeberkan rencana rekayasa lalu lintas saat arus mudik dan balik Lebaran 2019 di ruas jalan tol

Mudik dan Balik Lebaran 2019, Ini Rencana Rekayasa Lalu Lintas di Ruas Tol Termasuk Ganjil Genap
Tribunsolo.com/Asep Abdullah Rowi
Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko A Dahniel dan Pangdam IV/Diponegoro, Mayjend TNI Mohammad Effendi memberikan keterangan saat di Mapolresta Solo, Jalan Adi Sucipto, Kecamatan Banjarsari, Solo, Rabu (8/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Asep Abdullah Rowi

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) membeberkan rencana rekayasa lalu lintas saat arus mudik dan balik Lebaran 2019 di ruas jalan tol.

Menurut Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko A Dahniel, rekayasa lalu lintas yang tengah dikaji yakni di ruas jalan tol yang telah tersambung dari barat ke timur atau dari Jakarta, Jawa Barat (Jabar), Jateng hingga Jawa Timur (Jatim).

"Rekayasa agar arus mudik dan balik tidak mengalami trouble spot di titik-titik tertentu yang berkaitan dengan tol," tuturnya usai rapat koordinasi (rakor) bersama Pangdam IV/Diponegoro, Mayjend TNI Mohammad Effendi di Mapolresta Solo, Jalan Adi Sucipto, Kecamatan Banjarsari, Solo, Rabu (8/5/2019).

Lebih lanjut dia menjelaskan, khusus di tol yang berada di wilayah Jateng ada 24 exit tol, di antaranya ada tiga titik menjadi favorit pemudik menuju kawasan selatan.

Berharap Susul Dirinya, Maia Estianty Doakan Gading Marten Cepat Dapat Jodoh

"Ada Pejagan, Brebes Barat dan Brebes Timur yang menuju Banyumas, Purbalingga, Ajibarang hingga ke Wonosobo," jelasnya.

"Termasuk exit tol di Colomadu yang menjadi favorit bagi pemudik ke Yogyakarta dan Solo," ungkap dia menegaskan.

Bahkan lanjut mantan Gubernur Akademi Kepolisian (Akpol) itu, ada skenario menjemput pemudik di tol sehingga tidak terjadi penumpukan saat arus lalu lintas padat.

"Ada berbagai skenario dalam rekayasa lalu lintas, karena ada banyak permasalahan yang bisa saja terjadi," paparnya.

Kesal, Vebby Palwinta Curhat Aib Pribadinya Terbongkar dan Disebar oleh Sopir Pribadinya

Dia menerangkan, sementara untuk rencana ganjil genap di dalam tol selama arus mudik dan balik Lebaran hingga saat ini belum diputuskan Kementrian Perhubungan (Kemenhub).

"Kalau mudik kan banyak dari arah Jakarta dan Jabar sampai Pejagan, Brebes Barat dan Brebes Timur, nah rencananya ganjil genap mulai tiga exit tol itu," ungkapnya.

"Tapi khawatir beban yang masuk ke selatan (tiga exit tol) itu semakin menumpuk, sementara jalur selatan sempit ada 600 dicor," jelas dia menegaskan. (*) 

Penulis: Asep Abdullah Rowi
Editor: Putradi Pamungkas
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved