Pemilu 2019

Tanggapan Pengamat Politik soal Program 'Live Streaming' yang Bakal Dilakukan Caleg PSI Solo di DPRD

Cara kerja baru yang bakal diterapkan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Solo dengan live streaming kinerja di DPRD, patut diapresiasi.

Tanggapan Pengamat Politik soal Program 'Live Streaming' yang Bakal Dilakukan Caleg PSI Solo di DPRD
TRIBUNSOLO.COM/ASEP ABDULLAH ROWI
Pembukaan DKT di Gedung Paripurna DPRD Solo, Senin (4 /2/2019).  

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Asep Abdullah Rowi

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Cara kerja baru yang bakal diterapkan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Solo dengan siaran langsung (live streaming) kinerja di DPRD, patut diapresiasi.

Pengamat Politik dan Ketatanegaraan dari Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo, Agus Riewanto memaparkan, sebagai pendatang baru, langkah PSI melalui siaran langsung mendobrak cara kerja baru yang belum dilakukan oleh anggota dewan lain.

"Dengan siaran langsung yang melaporkan setiap kinerja patut diapresiasi," paparnya kepada TribunSolo.com, Sabtu (10/5/2019).

Walaupun belum tentu disetujui fraksi dari partai politik (parpol) lain di DPRD karena setiap kebijakan kinerja berdasarkan kesepakatan antara parpol, PSI lanjut dia, harus memiliki alasan yang bisa dipertanggungjawabkan.

Pelantikan Anggota DPRD Solo Nanti, Caleg PSI Ini Siap Kayuh Sepeda 15 Kilometer dari Rumahnya

"Memang harus dicoba sebagai cara baru yang tidak biasanya demi melaporkan kepada rakyat," ungkapnya.

Namun menurut dia, karena wakil PSI di Solo hanya satu orang, lebih baik agar gaungnya lebih menggema maka calon legislatif (caleg) yang lolos harus lebih kreatif dalam menyampaikan aspirasi rakyat di DPRD.

"Lebih banyak mendegar dan merespons cepat aneka masalah-masalah yang dihadapi konstituen serta menawarkan solusi yang praktis dan menyelesaikan masalah," akunya.

Dia menambahkan, jika perlu PSI bisa membuat rumah-rumah aspirasi di setiap daerah pemilihan (dapil), meskipun hanya satu orang yang lolos yakni di dapil Surakarta 5 Jebres.

"Supaya jika rakyat mengeluhkan masalah, jelas tempatnya dan kepada siapa orangnya," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Asep Abdullah Rowi
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved