Pilpres 2019

BPN Prabowo-Sandi Sebut Kecurangan Pemilu Terjadi di Pilpres Bukan Pileg

Juru Kampanye Badan Pemenangan Nasional (BPN), Muhammad Syafii, mengatakan terdapat perbedaan penyelenggaraan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif.

BPN Prabowo-Sandi Sebut Kecurangan Pemilu Terjadi di Pilpres Bukan Pileg
KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO
Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto saat berbicara dalam acara Mengungkap Fakta-Fakta Kecurangan Pilpres 2019 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019). 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Juru Kampanye Badan Pemenangan Nasional (BPN), Muhammad Syafii, mengatakan terdapat perbedaan penyelenggaraan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif 2019.

Menurutnya Pileg belum masuk kategori Pemilu curang, berbeda dengan Pilpres.

"Kalau di Pileg itu saya kira ada kecurangan tapi bukan pemilu curang tapi kalau untuk pilpres itu memang curang," ujar Syafii di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, (15/5/2019).

Tuding Pemilu 2019 Ada Kecurangan Sistematis, Prabowo Tegaskan Tolak Hasil Penghitungan Suara

Dikutip TribunSolo.com dari Tribunnews.com , menurut Anggota Dewan Penasehat Gerindra itu, meskipun terjadi kecurangan, Pileg tidak dirancang curang seperti Pilpres.

Hanya saja Syafii tidak menjelaskan desain kecurangan yang dimaksud.

"Memang harusnya seperti itu, tapi dalam pemilu 2019 ini kayaknya walaupun tidak menutup kemungkinan terjadi kecurangan pemilu di Pileg, tapi pemilu kurangnya khusus terjadi di Pilpres."

"Jadi bedakan ya, tidak tertutup kemungkinan terjadi kecurangan pemilu di Pileg tapi pemilu curangnya itu hampir pasti terjadi di Pilpres," katanya.

BPN Prabowo-Sandi Tolak Perhitungan Suara, KPU Tantang Adu Data di Pleno Rekapitulasi

Sebelumnya kubu Jokowi-Ma'ruf menilai apabila Prabowo-Sandi menolak hasil Pilpres, konsekuensinya berarti juga menolak hasil Pileg.

Para calon anggota DPR dan DPRD dari partai Koalisi Adil dan Makmur yang diprediksi telah lolos ke senayan juga tidak bisa dilantik sebagai anggota dewan.

"Konsekuensinya kalau pemilu ini tidak diakui misalnya, maka itu akan berdampak juga pada hasil pemilihan legislatif," kata politikus Golkar, Bambang Soesatyo (Bamsoet). (Tribunnews.com/Taufik Ismail) 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "BPN Prabowo Bilang yang Berlaku Pemilu Curang Pilpres Bukan Pileg"

Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved