Makam Bong Mojo yang Dipindah ke TPU Daksinalaya dan Purwalaya Dibuat seperti Makam Pahlawan

Pemkot Solo menyosialisasikan pemindahan makam Bong Mojo dengan melibatkan pengelola rumah duka, pengurus komunitas Tionghoa.

Makam Bong Mojo yang Dipindah ke TPU Daksinalaya dan Purwalaya Dibuat seperti Makam Pahlawan
surakarta.go.id
Makam Bong Mojo, Jebres, Solo. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Eka Fitriani

TRIBUNSOLO.COM, SOLO – Demi perluasan rumah sakit di wilayah Jebres, Pemkot Solo menyosialisasikan pemindahan makam Bong Mojo dengan melibatkan pengelola rumah duka, pengurus komunitas Tionghoa hingga pihak kelurahan dan kecamatan setempat.

"Aturan itu sudah disosialisasikan kepada pengelola rumah duka, pengurus komunitas Tionghoa, maupun perangkat kelurahan dan kecamatan," kata Kasi Pemakaman Umum Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperum KPP), Sawaras Budi Kusuma ,Rabu (15/5/2019) siang.

"Di TPU Danyung (Daksinalaya) maupun Purwalaya lahannya terbatas, jadi tidak bisa dibuat seperti makam di Bong Mojo," lanjutnya.

Apalagi, lanjut Sawaras, Pemkot sudah berencana menata makam-makam yang direlokasi ke Daksinalaya dan Purwalaya menyerupai makam di taman makam pahlawan (TMP).

"Nanti akan ditata dan diplester, kemudian diberi identitas,” katanya.

“Jadi langsung by name," katanya.

Pemindahan Makam dari Bong Mojo ke TPU Daksinalaya dan Purwalaya Sesuaikan Kondisi Tempat Relokasi

Seperti diberitakan sebelumnya, sejak akhir April 2019, Pemkot sudah menyosialisasikan rencana pengosongan lahan sisi timur Bong Mojo kepada pemangku kepentingan terkait.

Pengosongan dan pemindahan makam itu tidak terlepas dari rencana Pemkot mendirikan rumah sakit umum daerah (RSUD) di tanah tersebut.

"Sampai sekarang masyarakat yang menghubungi kami justru kebanyakan adalah ahli waris makam di sisi barat, yang ingin mengkonfirmasi apakah makam keluarga mereka ikut terdampak pemindahan,” katanya.

Halaman
12
Penulis: Eka Fitriani
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved