Pilpres 2019

Seknas Jokowi Sebut Putusan Bawaslu Tak Berpengaruh terhadap Hasil Penghitungan KPU

Bawaslu sebelumnya menyatakan bahwa KPU melanggar tata cara dan prosedur dalam penginputan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng)”.

Seknas Jokowi Sebut Putusan Bawaslu Tak Berpengaruh terhadap Hasil Penghitungan KPU
KOMPAS.com/Haryantipuspasari
Sidang putusan Bawaslu, Kamis (16/5/2019). 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Seknas Jokowi Dedy Mawardi menilai, putusan Bawaslu atas laporan kecurangan situng KPU yang diajukan oleh tim Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, tidak membatalkan hasil Pemilu 2019.

Bawaslu sebelumnya menyatakan bahwa KPU melanggar tata cara dan prosedur dalam penginputan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng)”. 

“Putusan Bawaslu itu patut dihormati."

"Namun yang perlu diketahui bahwa putusan Bawaslu tersebut tidak serta merta membatalkan hasil perhitungan suara KPU yang sudah dihasilkan."

"Artinya hasil penghitungan KPU yang sudah 84 persen tetap sah," kata Dedy melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Jumat (17/5/2019).

Hairul Anas Suaidi, Pencipta Robot Pemantau Situng KPU Ternyata Keponakannya Mahfud MD

Menurut Dedy, situng KPU bukanlah patokan utama penghitungan hasil pemilu.

Yang jadi patokan itu adalah penghitungan manual yang dilakukan KPU secara berjenjang, mulai dari TPS hingga pleno KPU RI.

"Situng KPU itu hanya sebagai alat pembanding sebagai wujud prinsip transparansi KPU kepada publik," katanya.

Sepanjang Tim BPN tidak memiliki bukti kecurangan sebagaimana yang dituduhkan selama ini, lanjut Dedy, maka tudingan itu hanya sekadar isu.

Menteri Sri Mulyani Tak Khawatir soal Ancaman Waketum Gerindra yang Tolak Bayar Pajak

Putusan Bawaslu itu tetap tidak berpengaruh pada hasil penghitungan suara KPU yang sudah masuk sebesar 84 persen.

"Oleh karena itu, Seknas Jokowi tetap mendukung KPU untuk menyelesaikan penghitungan suara hasil pemilu 17 April 2019, serta meminta kepada Tim BPN Prabowo-Sandi membuktikan kecurangan yang selama ini dituduhkan dengan data yang sah secara hukum," tandas Dedy.

Artikel ini telah dipublikasikan Kompas.com dengan judul: Seknas Jokowi: Putusan Bawaslu Tak Batalkan Hasil Penghitungan KPU

Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved