Unjuk Rasa Dua Hari Berturut-turut di Jakarta, KPU Diminta Tidak Terpengaruh Tekanan Massa

Penyelenggara Pemilu 2019 diminta tidak terpengaruh dengan tekanan massa yang menggelar unjuk rasa di Jakarta sejak Selasa-Rabu (21-22/5/2019).

Unjuk Rasa Dua Hari Berturut-turut di Jakarta, KPU Diminta Tidak Terpengaruh Tekanan Massa
TRIBUNSOLO.COM/ASEP ABDULLAH ROWI
Kantor KPU Solo, Jalan Kahuripan Utara Nomor 23, Kecamatan Banjarsari, Solo.  

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Asep Abdullah Rowi

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Penyelenggara Pemilu 2019 diminta tidak terpengaruh dengan tekanan massa yang menggelar unjuk rasa di Jakarta sejak Selasa-Rabu (21-22/5/2019).

Menurut Pengamat Politik dan Ketatanegaraan dari Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo, Agus Riewanto, penyelenggara pemilu dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tidak perlu terpengaruh oleh tekanan massa yang menggelar unjuk rasa dalam bentuk apapun.

"KPU harus tetap idependen dan profesional, tidak usah terpengaruh," tuturnya kepada TribunSolo.com, Rabu (22/5/2019).

Lebih lanjut Agus mengatakan, karena hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 yang dilakukan oleh KPU secara nasional tersebut, berjenjang dari tingkat yang paling bawah yakni tempat pemungutan suara (TPS), manual dan terbuka.

Polda Metro Jaya Tangkap Sejumlah Terduga Provokator Kericuhan Aksi 22 Mei

"KPU sudah melakukan cara kerja yang konstitusional, kalau ada yang  keberatan kan ke Mahkamah Konstitusi (MK)," jelasnya.

"Kan masih ada waktu beberapa hari untuk pengajuan ke MK, silahkan gunakan itu," tutur dia menegaskan.

Pihaknya juga berharap unjuk rasa yang masih dilakukan oleh pendukung capres dan cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, tidak membuat masyarakat ikut-ikutan.

"Jangan sampai mereka dimanfaatkan elit politik capres 02 yg kepentingan jangka pendek harus menang dalam Pilpres tanpa memperdulikan aspek persatuan dan masa depan bangsa," harap dia. (*) 

Penulis: Asep Abdullah Rowi
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved