Beri Ucapan Selamat, Vladimir Putin Dua Kali Panggil Jokowi 'Yang Mulia'

Beri Ucapan Selamat, Vladimir Putin Dua Kali Panggil Jokowi 'Yang Mulia'

Editor: Aji Bramastra
setkab.go.id
Presiden Jokowi saat bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin, di Singapura, Rabu (14/11/2018). Vladimir Putin memberi ucapan selamat ke Jokowi dengan panggilan 'Yang Mulia'. 

TRIBUNSOLO.COM - Para pimpinan negara di dunia memberi ucapan selamat kepada Presiden RI terpilih, Joko Widodo atau Jokowi.

Di antara pimpinan dunia itu adalah Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Dilansir Antara, Vladimir Putin menyampaikan ucapan selamat kepada Calon Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) melalui surat resmi bertanggal Kremlin, Moskow, 21 Mei 2019.

Menterinya Keseleo Lidah Ingin Ekspor Daging Babi ke Indonesia, Vladimir Putin Tertawa

Dalam surat itu, Putin menggarisbawahi sisi penting hubungan persahabatan Indonesia-Rusia.

Putin, memanggil Jokowi dengan julukan 'Yang Mulia'.

"Kami di Rusia mengenal Yang Mulia sebagai pendukung yang kuat dalam pengembangan hubungan persahabatan antara kedua negara kita," ujar Putin setelah membuka suratnya dengan ucapan selamat kepada Jokowi, seperti dikutip ANTARA dari Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Rabu (22/5/2019).

Presiden Putin juga menunjukkan kepercayaan pada kepemimpinan Jokowi untuk terus meningkatkan kerja sama bilateral di berbagai bidang.

"Saya ingin menegaskan kesiapan untuk melanjutkan dialog konstruktif dengan Yang Mulia, serta bekerja sama demi kepentingan Bangsa Rusia dan Bangsa Indonesia," kata dia.

Putin menutup suratnya dengan menyampaikan harapan bagi kesuksesan, kesehatan dan kesejahteraan Jokowi, yang akan menjalankan tugas sebagai presiden Indonesia untuk periode kedua kalinya.

Erdogan dan Xi Jinping

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga mengucapkan selamat kepada calon presiden Joko Widodo yang memenangkan Pemilihan Umum 2019 dan terpilih kembali sebagai presiden Republik Indonesia.

Presiden Turki mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Joko Widodo sebagai Presiden Indonesia, demikian pernyataan dari Kedutaan Besar Turki di Jakarta, Rabu.

Dalam pernyataan tersebut, Presiden Erdogan menyampaikan keyakinannya bahwa hubungan dekat antara Indonesia dan Turki yang bersahabat dan kemitraan strategis antara kedua negara akan semakin diperkuat selama masa jabatan Presiden Joko Widodo di periode kedua.

Selain Presiden Turki, ucapan selamat atas terpilihnya kembali Presiden RI Joko Widodo juga datang dari beberapa kepala negara/pemerintahan lainnya, seperti dari Presiden China Xi Jinping.

Atas kemenangan Jokowi, Presiden Xi Jinping telah mengirimkan ucapan selamat kepada beliau," demikian pernyataan juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Selasa malam, menanggapi pertanyaan Antara di Beijing ata skeputusan KPU yang memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Selain mereka, pimpinan negara lain, seperti Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, dan Perdana Menteri malaysia, Mahathir Mohamad, juga telah mengirim ucapan selamat kepada Jokowi.

Pada 21 Mei lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengumumkan secara resmi Jokowi-Ma’ruf sebagai pemenang dalam Pilpres 2019.

Hasil penghitungan suara menunjukkan bahwa pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin memenangi 85 juta suara atau 55,50 persen dari total suara nasional.

Sedangkan penantangnya, yakni Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 68 juta suara atau 44,5 persen dari total suara nasional. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved