Pendidikan SEMATA TNI AU di Lanud Adi Soemarno Solo Dibuka

Dirdiklat Kodiklatau Marsekal Pertama TNI Kustono, S.Sos selaku inspektur upacara membuka pendidikan Semata PK TNI AU Angkatan Ke-77 T.A. 2019.

Pendidikan SEMATA TNI AU di Lanud Adi Soemarno Solo Dibuka
Istimewa
Dirdiklat Kodiklatau saat memangkas rambut perwakilan siswa sebagai tradisi dimulainya pendidikan Semata PK TNI AU Angkatan ke-77 T.A. 2019. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Chrysnha Pradipha

TRIBUNSOLO.COM, KARANGANYAR - Direktur Pendidikan dan Latihan (Dirdiklat) Kodiklatau Marsekal Pertama TNI Kustono, S.Sos selaku inspektur upacara membuka pendidikan Semata PK TNI AU Angkatan Ke-77 T.A. 2019.

Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo. Minggu (26/5/2019).

Hadir dalam upacara pembukaan pendidikan Semata PK TNI AU angkatan ke-77 T.A. 2019 para pejabat Lanud Adi Soemarmo dan Depohar 50.

Kustono mengatakan, pendidikan dilaksanakan selama lima bulan di Skadron Pendidikan 404, yang saat ini dikomandoi Komandan Skadik 404, Letkol Nav Endra Prasetiawan, S.E.

Mahfud MD Sebut Aksi 22 Mei Berbeda dengan Aksi 98: Dulu Rektor, Mahasiswa, Sampai Tukang Sapu Ikut

Diterangkannya, di Skadik 404 para Tamtama TNI AU digembleng, ditempa dari masyarakat sipil menjadi Prajurit TNI Angkatan Udara yang profesional, militan dan inovatif.

"Selain pendidikan Kemiliteran dan kematraan udara para siswa juga akan menerima berbagai materi pelajaran sesuai kurikulum pendidikan yang ditetapkan," jelasnya.

"Seperti HAM, Kewarganegaraan, Sejarah perjuangan bangsa, pokok-pokok ajaran agama, sejarah perjuangan bangsa, Pancasila, UUD 1945, ilmu tehnik komputer dan lain-lain."

Dirdiklat Kodiklatau juga menyampaikan bahwa tujuan pendidikan Semata adalah membentuk warga negara Indonesia menjadi prajurit TNI AU yang dilandasi sikap mental dan perilaku prajurit Sapta Marga.

Serta memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar prajurit golongan Tamtama.

Di akhir amanatnya pihaknya menyampaikan beberapa penekanan kepada para prajurit siswa.

Kriteria Menteri Menurut Jokowi: Enggak Bicara Partai dan Non Partai, Lebih Penting Kemampuan

Antara lain, peningkatan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, pentingnya menjaga kesehatan dan kesemaptaan jasmani, patuhi seluruh peraturan yang telah ditentukan lembaga.

Serta agar menekuni materi ilmu pengetahuan dalam setiap pelaksanaan tugas belajar dengan tanggung jawab, disiplin, loyalitas dan kesungguhan disertai semangat belajar maupun berlatih.

Seusai upacara dilanjutkan dengan acara tambahan berupa tradisi pemangkasan rambut dan penyiraman air bunga oleh Dirdiklat Kodiklatau kepada perwakilan siswa.

Dilanjutkan penyiraman masal kepada para prajurit siswa. (*)

Penulis: Facundo Crysnha Pradipha
Editor: Fachri Sakti Nugroho
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved