Breaking News:

Warga Majalengka Ditangkap Polisi karena Sebar Hoaks Brimob Mirip Tentara China di WhatsApp

Polda Jabar menangkap pelaku penyebar berita bohong atau hoaks yang menyebut anggota Brimob mirip tentara China.

KOMPAS.com/AGIEPERMADI
Kabidhumas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko tengah menjelaskan penangkapan warga majalengka yang menyebarkan berita hoax di whatsapp. 

TRIBUNSOLO.COM, JAKARTA - Polda Jabar menangkap pelaku penyebar berita bohong atau hoaks yang menyebut anggota Brimob mirip tentara China

Pelaku yang ditangkap berinisial YHA, warga Dusun Cangkukan, Kelurahan Cicadas, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan bahwa pelaku ditangkap Sabtu (25/5/2019) di Majalengka.

Tersangka dengan menggunakan akun WhatsApp membagikan konten foto anggota Brimob yang sedang bertugas menggunakan tutup wajah.

Tanggapi Aksi 22 Mei, Luhut : Kalau Masih Jadi Tentara, Saya Libas Juga

Namun, pada caption-nya ditulis seolah anggota Brimob adalah tentara China.

Foto tersebut dibagikan ke sebuah grup WhatsApp yang bernama Rumah Smart Indonesia pada 21 Mei 2019, dengan konten bermuatan berita bohong.

Adapun caption pada foto tersebut bertuliskan Perhatikan warna kulit & mata sipit anggota Brimob ini! Sangat mencurigakan jgn" tentara cina menyamar.

"Konten yang disampaikan dengan adanya dugaan berita bohong, seolah polisi yang bermata sipit itu merupakan tentara China atau polisi impor, " kata Truno di Mapolda Jabar, Senin (27/5/3019).

Pedagang Pasar Klewer Solo Bagikan Perlengkapan Sekolah dan Uang Saku Kepada Ratusan Anak Yatim

Polisi mengamankan barang bukti dua ponsel, satu SIM card, dan satu memory card.

Akibat perbuatannya, polisi menjerat pelaku dengan Pasal 14 Ayat (1), (2), jo Pasal 15 UU RI No 1 Tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana dan atau pasal 207 KUHP.

"Ancaman kurungan penjara selama 10 tahun," katanya. (Kontributor Kompas.com Bandung, Agie Permadi)

Artikel ini telah dipublikasikan Kompas.com dengan judul: Sebar Hoaks Brimob Mirip Tentara China, Warga Majalengka Ditangkap

Editor: Hanang Yuwono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved