Pilpres 2019

8 Fakta Tersangka Kerusuhan 22 Mei: Desertir TNI hingga Dibayar 5 Juta untuk Bunuh Pejabat

Enam tersangka baru kasus kerusuhan 22 Mei ditetapkan polisi, berikut ini faktanya, mantan TNI hingga bayaran 5 juta untuk membunuh pejabat negara.

(KOMPAS.com/Ihsanuddin)
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal menunjukan barang bukti senjata saat jumpa pers terkait kerusuhan 22 Mei, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (27/5/2019). 

TRIBUNSOLO.COM - Kepolisian telah menetapkan enam tersangka baru dalam kerusuhan 22 Mei 2019.

Penetapan para tersangka kerusuhan 22 Mei ini disampaikan Kadiv Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal dalam jumpa pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (27/5/2019).

Keenam tersangka tersebut berinisial HK alias Iwan, IR alias Irfansyah, AZ, TJ, AD, dan AV alias Fifi.

Enam tersangka tersebut memiliki peran yang berbeda-beda.

Ada yang diduga melakukan transaksi jual beli senjata, menciptakan martir untuk memanaskan massa, hingga melakukan upaya pembunuhan terhadap pejabat negara.

Berikut ini fakta-fakta terkait penetapan enam tersangka baru tersebut.

HK selaku pemimpin

Dikutip TribunSolo.com dari Tribun Jakarta, HK berperan sebagai pemimpin, sedangkan IR alias Irfansyah, AZ dan TJ berperan sebagai eksekutor yang dibekali senjara api oleh HK untuk membuat rusuh pada aksi 22 Mei.

Sementara AD dan AV alias VV, adalah pemasok dan penjual senjata api yang dibeli oleh HK lalu dibagikan ke eksekutor lainnya, termasuk Irfansyah.

Namun pada Selasa (21/5/2019), pergerakan Irfansyah lebih dulu dimatikan oleh anggota Mabes Polri yang menangkapnya di lapangan tak jauh dari rumah kontrakannya di Jalan Sukabumi, Jakarta Barat.

Pengakuan istri Irfansyah

Penangkapan itu diungkapkan oleh Angela saat dikonfirmasi Tribun Jakarta.

"Dia ditangkap di lapangan dekat Peruri," ungkap istri Irfansyah, Angela, kepada Tribun Jakarta di rumahnya, Senin (27/5/2019) malam.

Sebelum ditangkap, sang suami memang mengatakan akan mengikuti aksi unjuk rasa yang digelar di Bawaslu pada 21 Mei 2019.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved