Jangan Khawatir, Peserta BPJS Kesehatan Tetap akan Dilayani selama Mudik Lebaran 2019

BPJS Kesehatan Solo menjamin peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia (JKN-KIS) yang mudik ke Surakarta dapat terlayani fasilitas kesehatan.

Jangan Khawatir, Peserta BPJS Kesehatan Tetap akan Dilayani selama Mudik Lebaran 2019
TRIBUNSOLO.COM/GARUDEA PRABAWATI
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Solo, Bimantoro, saat memberikan keterangan kepada awak media, Senin (27/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Garudea Prabawati

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Surakarta menjamin peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia (JKN-KIS) yang mudik ke Surakarta dapat terlayani fasilitas kesehatan di Surakarta.

"Peserta BPJS Kesehatan masih bisa medapatkan pelayanan prima saat mudik lebaran, dapat berobat di tempat di mana ia mudik," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Solo, Bimantoro kepada wartawan, Senin (27/5/2019).

Selama arus mudik dan balik, peserta JKN-KIS tetap bisa memperoleh jaminan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang ditunjuk BPJS Kesehatan, bahkan termasuk saat peserta mudik ke luar kota.

Pelayanan itu bisa dinikmati mulai dari H-7 sampai H+7 Lebaran 2019, atau tepatnya pada 29 Mei-13 Juni 2019.

Selain itu pihaknya mengatakan secara otomatis dapat mengunjungi layanan kesehatan FKTP di lokasi mudik, meski peserta tidak terdaftar di FKTP bersangkutan.

Libur Lebaran 2019, Ini Pelayanan Khusus dari BPJS Kesehatan Cabang Solo

Bahkan apabila tidak terdapat FKTP yang dapat memberi layanan saat libur lebaran, dalam kondisi darurat peserta yang bersangkutan dapat dilayani di Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit terdekat.

"Namun syaratnya peserta JKN-KIS yang status kepesertaannya masih aktif dan selalu membawa kartunya meski saat mudik," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk mengecek status kepesertaan dan melihat riwayat tagihan atau pembayaran iuran, peserta yang bersangkutan dapat dengan mudah memanfaatkan layanan dari JKN Mobile.

"Aplikasi ini memudahkan masyarakat, untuk mengakses informasi lebih terkait BPJS Kesehatan," tutupnya. (*)

Penulis: Garudea Prabawati
Editor: Noorchasanah Anastasia Wulandari
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved