Pilpres 2019

Bambang Widjojanto Singgung soal Mahkamah Kalkulator, Pengamat Politik UNS Solo Duga Ada Maksudnya

Bambang Widjojanto (BW) menilai Mahkamah Konstitusi (MK) jangan menjadi 'Mahkamah Kalkulator'. Ini analisis pengamat UNS Solo.

Bambang Widjojanto Singgung soal Mahkamah Kalkulator, Pengamat Politik UNS Solo Duga Ada Maksudnya
TRIBUNSOLO.COM/ASEP ABDULLAH ROWI
Elite BPN Prabowo-Sandi bersama cawapres nomor urut 02 Sandiaga S Uno saat konferensi pers di Lorin Solo Hotel, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Asep Abdullah Rowi

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Kuasa Hukum capres dan cawapres 02 Prabowo Subianto-Sandiaga S Uno (Prabowo-Sandi), Bambang Widjojanto (BW) menilai Mahkamah Konstitusi (MK) jangan menjadi 'Mahkamah Kalkulator'.

Hal itu disampaikan oleh BW saat melayangkan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) bersama Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi ke MK.

Berdasarkan analisis Pengamat Politik dan Ketatanegaraan dari Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo, Agus Riewanto, pernyataan BW dimungkinkan bentuk ekspresi dan harapan dari BW agar MK tidak hanya memeriksa hasil rekapitulasi KPU berdasarkan angka-angka saja.

"Tapi memeriksa substansinya sejak dari proses Pilpres 2019 hingga rekapitulasi," terang dia kepada TribunSolo.com, Rabu (29/5/2019).

Mahkamah Konstitusi Persilakan BPN Prabowo-Sandi Lengkapi Berkas Gugatan Sengketa Pilpres

Menurut dosen Fakultas Hukum (FH) itu, sebenarnya selama ini MK dalam putusannya tidak pernah hanya menjadi 'kalkulator', tetapi telah bergeser pada menggali keadilan dari semua aspek yang ada.

Meskipun tugas MK jika secara formal dan UU MK serta UUD 45, hanya memeriksa selisih angka antar capres dan pihak yang menguguat dalam hal ini Prabowo-Sandi.

"Ya 02 harus mampu menunjukkan kesalahan KPU dalam menjumlah suara sehingga selisih 16 juta suara itu adalah miliknya," tuturnya.

"Saya kira tetap poinnya, kita apresiasi jalur konstitusi tetapi sekali lagi percayakan pada MK," jelas dia menekankan. 

Wiranto Beberkan Tujuan dari Pelaku Rencana Pembunuhan yang Mengincar Dirinya dan Pejabat Lainnya

Komentar Jokowi

Halaman
1234
Penulis: Asep Abdullah Rowi
Editor: Hanang Yuwono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved