Ramadan 2019

Polres Sukoharjo Siapkan Langkah Penanganan Macet di Tugu Kartasura

Simpang tiga Tugu Kartasura masih menjadi perhatian khusus Polres Sukoharjo saat arus mudik.

Polres Sukoharjo Siapkan Langkah Penanganan Macet di Tugu Kartasura
TribunSolo.com/Agil Tri
Kondisi lalulintas tugu Kartasura, Kamis (30/5/2019) Siang. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Simpang tiga Tugu Kartasura masih menjadi perhatian khusus Polres Sukoharjo saat arus mudik.

Simpang Tiga Kartasura ini mempertemukan kendaraan dari Yogyakarta, Boyolali, dan Surakarta, yang selalu padat terlebih saat jam sibuk.

Menurut Kasat Lantas Polres Sukoharjo, AKP Zamroni, Polres Sukoharjo menyiapkan empat pospam operasi ketupat candi 2019, dua pospam difokuskan untuk mengurai kemacetan di tugu Kartasura.

Pospam 1 di Terminal lama Kartasura, Pospam 2 di Sanggung Gatak, Pospam 3 di Bundaran Pandawa Solobaru dan Pospam 4 di Simpang Tugu Adipura Sukoharjo kota.

"Ada perubahan titik pospam seiring dengan hasil anev (analisa dan evaluasi) tingkat kerawanan laka lantas dan kemacetan," kata Kasat Lantas Sukoharjo AKP Zamroni, Kamis (30/5/2019).

Berada Dekat Kediaman Jokowi di Solo, Exit Tol Klodran Dipasangi Barikade untuk Kurangi Kemacetan

Untuk pospam Sanggung, baru pertama kalinya didirikan pada tahun ini, pos tersebut disiapkan untuk mengurai penumpukan kendaraan di simpang tiga Kartasura.

Sesuai hasil anev jalan raya lintas propinsi Solo - Jogja tersebut termasuk black spot atau area rawan laka dan rawan macet.

"Jalur Solo - Jogja merupakan jalur utama arus mudik, termasuk jalur cepat rawan laka lantas, dan jarak traffic light cukup dekat seringkali ekor lalu lintas sampai ke Simpang Sanggung," imbuhnya.

Selain itu, pos tersebut juga dapat mengurangi penumpukan kendaraan di tugu Kartasura, dengan pengalihan arus melalui jalur-jalur alternatif yang disiapkan petugas.

Pospam Sanggung juga memudahkan koordinasi dengan pos Pakis Klaten, untuk pengalihan arus melalui jalur alternatif Pakis - Sukoharjo melalui Daleman.

Bus Sugeng Rahayu Diamuk Massa setelah Senggol Motor Pemudik di Sragen, Satu Orang Tewas

Kasat lantas menambahkan, ia juga menempatkan petugas di sejumlah titik rawan laka seperti jalan Diponegoro Kartasura (Kertonatan), jalan Ir Soekarno Solobaru, simpang tiga tugu Kartasura, simpang empat Kartasura dan simpang tiga Jlopo Baki.

"Utamanya kita berusaha menekan laka lantas, karena tahun lalu ada 3 laka dengan 1 luka berat 5 luka ringan."

"Kita berusaha menekan dan upayakan zero accident," pungkasnya. (*)

Penulis: Agil Tri
Editor: Fachri Sakti Nugroho
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved