740 Calhaj Asal Sukoharjo Siap Diberangkatkan dalam 4 Kloter di Embarkasi Solo

740 Calhaj Asal Sukoharjo Siap Diberangkatkan dalam 4 Kloter di Embarkasi Solo, Bimbingan Manasik Haji di Istana Hapsari, Sukoharjo,

740 Calhaj Asal Sukoharjo Siap Diberangkatkan dalam 4 Kloter di Embarkasi Solo
TribunSolo.com/Agil TRi
Bimbingan Manasik Haji di Istana Hapsari, Sukoharjo Selasa (18/6/2019). 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Agil Tri

TRIBUNSOLO.COM, SUKOHARJO - Sebanyak 740 calon jemaah haji (calhaj) asal Sukoharjo yang berangkat tahun ini dibagi menjadi empat kelompok terbang (kloter) di Embarkasi Solo.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo, Arif Hanafi memaparkan, 740 calhaj tersebut siap diberangkatkan dalam empat kloter pada bulan depan yang tergabung di Embarkasi Solo.

"Kami pastikan 740 jemaah siap diberangkatkan," kepada TribunSolo.com saat menghadiri Bimbingan Manasik Haji di Istana Hapsari, Sukoharjo, Selasa (18/6/2019).

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Solo 2019 Dilantik, Berikut Nama-namanya

Arif menjelaskan, rinciannya pada kloter 1 akan diisi 352 jemaah, kloter 2 diisi 353 jemaah, dan kloter 3 diisi 19 jemaah, dan kloter 4 atau sapu jagat hanya 14 jemaah.

"Pada kloter 1, 2, dan 3 akan mulai diberangkatkan pada 5 Agustus 2019, sementara kloter sapu jagat, akan diberangkatkan terakhir dari Embarkasi," jelasnya.

"Kenapa kloter sapu jagat, karena diisi dari jemaah se-Solo Raya," aku dia menegaskan.

Dikatakan, jamaah dari kloter 1 - 3 sudah menyelesaikan administrasinya, tetapi untuk kloter sapu jagat ada beberapa yang belum terpenuhi syarat administrasinya.

"Yang kloter sapu jagat masih menyelesaikan administrasinya, seperti paspor dan kelengkapan berkas yang lain," terangnya.

Lantik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji 2019, Ganjar Pranowo Apresiasi Sistem Zonasi di Mekkah

Dari 740 haji ini, ada jemaah haji termuda berumur 21 tahun dari Kecamatan Kartasura dan paling tua berusia 88 tahun dari Kecamatan Bendosari.

Untuk mematangkan persiapan pemberangkatan ke Mekkah, Kemenag Sukoharjo akan melakukan kegiatan manasik yang dilakukan 6 kali di tingkat kecamatan dan dua kali di tingkat kabupaten.

"Pada hari Kamis (20/6/2019) kita akan adakan latihan manasik dari pukul 06.00 wib hingga 14.00 wib, dari gedung IPHI berjalan menuju Mulur, jaraknya sekitar lima km," katanya.

Dia menambahkan kegiatan tersebut baru pertama dilakukan untuk mempersiapkan jamaah haji saat di tanah suci. (*)

Penulis: Agil Tri
Editor: Asep Abdullah Rowi
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved